Header Ads Widget

Hadiri, Pemuda Katolik Komda Kepri Akan Gelar Rakerda Sekaligus Acara Gernas Petra Digital

Foto : Banner kegiatan Rakerda dan acara Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital yang digagas oleh Pemuda Katolik Komisariat Daerah Provinsi Kepri. (dok/ist)

Batam, JejakSiber.com - Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Kepulauan Riau akan menggesa kegiatan Rapat Kerja Daerah yang akan dilaksanakan di Aula SMK I, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Sabtu (8/10/22) mendatang mulai pukul 08.00 WIB.

Rakerda Pemuda Katolik Komda Kepri tersebut merupakan salah satu agenda mandatoris organisasi di tingkat Daerah guna mengelaborasi program-program kerja konkrit organisasi ditingkat daerah.

Hal itu disampaikan oleh Dr. Vandarones Purba, S.T., M.H. selaku Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri bahwa selaras dengan komitmen paradigma baru Pemuda Katolik dalam mengelola tata kerja organisasi, sebagaimana yang dihasilkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Pusat Pemuda Katolik, yang berlangsung di Minahasa Utara, pada tanggal 26 hingga 29 Mei 2022 lalu.

"Tujuan utama yang ingin dicapai dalam Rakerda kali ini adalah merumuskan program-program kerja konkrit organisasi di Komda Kepri, Penguatan hubungan strategis dengan institusi atau lembaga negara maupun swasta, serta melakukan clustering kader guna mempermudah mesin organisasi melakukan distribusi dan konsolidasi jejaring sebagai bagian integral dari pembangunan dan penguatan etalase politik konsolidasi di Komda Kepri," kata Vandarones yang akrab disapa bung Vanda kepada media ini, Selasa (4/10/22).

Vanda yang berprofesi sebagai Dosen di salah satu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi itu juga menuturkan, bahwa dalam Rakerda nanti, pihaknya akan melakukan penandatanganan MoU dengan beberapa instansi, antara lain, KPU Provinsi Kepri, Banwaslu Provinsi Kepri, Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri serta Perwakilan Ombudsman Kepri.

"Kita juga akan launching website pendamping Komda Kepri yang kita namai ProbonoNews.com, serta meresmikan salah satu Unit Bisnis Komda Kepri yakni Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Tunas Harapan," pungkasnya.

Kegiatan Rakerda Pemuda Katolik Komda Kepri nanti akan mengusung tema "Akselerasi Organisasi Berbasis Potensi Dan Sumber Daya Kader Sebagai Bagian Integral Dari Pembanguan Dan Penguatan Etalase Politik Konsolidasi"

Disisi lain, Sekretaris Pemuda Katolik Komda Kepri, Cosmas Eko Suharyanto, saat di hubungi media ini menjelaskan bahwa pilihan tema tersebut semakin menegaskan bahwa Rakerda Pemuda Katolik Komda Kepri merupakan sebuah defining moment bagi organisasi di tengah perkembangan jaman yang terus berubah.

"Dengan mereposisi keberadaan sesuai dengan tuntutan jaman, Rakerda Komda Kepri berupaya mewujudkan idealisme, mimpi atau tujuan dan kerja nyata organisasi untuk semakin menghadirkan eksistensi organisasi di tengah dunia, antara Gereja dengan Masyarakat, khususnya di wilayah Komisariat Daerah Kepulauan Riau," jelas Cosmas.

Cosmas yang juga salah satu Dosen di Universitas yang ada di Kota Batam itu memaparkan, bahwa Pemuda Katolik Komda Kepri sendiri berada pada wilayah non basis yang masuk dalam ranah etalase politik konsolidasi organisasi.

"Untuk itu, Rakerda kali ini selain mematangkan program kerja organisatoris konkrit, kita juga menata kesiapan kader Pemuda Katolik untuk terjun dalam kehidupan sosial karitatif di Provinsi Kepri, kendati kita sadari bahwa kita masih minim dalam aspek kuantitas," ujar Cosmas dengan nada optimis.

Sementara itu, di tempat terpisah, Roy Chardo Sitanggang selaku Ketua Panitia penyelenggara Rakerda Pemuda Katolik Komda Kepri menggambarkan bahwa Rakerda Komda Kepri kali ini dirancang untuk tidak hanya berbicara pada tataran ide dan konsep semata, tetapi tataran empiris tentang bagaimana potensi kader berdayaguna dan berhasilguna.

"Untuk itu, Rakerda kali ini akan diawali dengan Seminar Literasi Digital, sebagai wujud implementasi Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital (Gernas Petra Digital) dengan mengangkat tema "Waspadai Eksploitasi Data Pribadi Menjelang Pesta Demokrasi" yakni sebuah terobosan berkelanjutan yang diinisiasi oleh pemerintah, dengan melibatkan komunitas aktif yang sama-sama memiliki komitmen akselerasi visi transformasi digital," tutur Roy yang sehari-hari bekerja sebagai salah satu Staf di Kadin Batam.

Kemudian, Januari Sitinjak selaku Sekretaris Panitia penyelenggara menjelaskan, selain di isi dengan Seminar Literasi Digital, Rakerda Komda Kepri juga menjadi momentum untuk menguatkan resonansi kerja sama Pemuda Katolik Komda Kepri dengan berbagai instansi.

Seminar Literasi Digital sendiri akan di isi oleh pemateri dari berbagai instansi diantaranya, perwakilan dari KPU Provinsi Kepulauan Riau, Parlindungan Sihombing, S.Sos., perwakilan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri, Rosnawati, S.Ag., M.A., Dirreskrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Teguh Widodo, S.I.K., dan salah satu Anggota Komisi I DPR RI dari fraksi PDIP, Mayjen TNI Mar. (Purn) Sturman Panjaitan, S.H.

Selanjutnya, Atanasius selaku Bendahara Pemuda Katolik Komda Kepri yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus KSP CU Tunas Harapan memberikan atensi terkait rencana peresmian Unit Kerja Bisnis, yakni Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Tunas Harapan (KSP CUTH) yang selama ini dikelola oleh kader-kader Pemuda katolik Komda Kepri.

"Keberadaan Unit Kerja Bisnis Komda Kepri ini, sekaligus menjawab komitmen Pengurus Pusat Pemuda Katolik yang terus mendorong akselerasi penguatan potensi dan sumber daya kader serta kolaborasi struktur dan potensi kader untuk menciptakan inkubator bisnis kader di daerah," ucap Atanasius dengan panggilan akrab bung Atan.

Melalui program tersebut, Atan berharap agar kader-kader Pemuda Katolik Komda Kepri dapat memanfaatkan Unit Kerja Bisnis yakni Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Tunas Harapan dengan ikut bergabung sebagai anggota CU.

"Selain untuk menata keuangan pribadi melalui produk simpan pinjam, kita juga berharap agar keberadaan Lembaga ini ke depannya mampu menciptakan lapangan kerja baru, dan menyerap tenaga kerja dari Kader-kader Pemuda Katolik di wilayah Komda Kepri," tutup Atan mengakhiri. (Js)

Editor : Red