Header Ads Widget

Sidak ke Satpas SIM Polda Metro Jaya, Begini Kata Kapolri

Foto : Kapolri Listyo Sigit melakukan sidak ke Satpas SIM Polda Metro Jaya. (dok/ist/hum)

Jakarta, JejakSiber.com - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polda Metro Jaya yang ada di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (26/10/22).

Hal itu diketahui dari akun Instagram resmi Kapolri @listyosigitprabowo, yang mana sidak tersebut disiarkan langsung dalam akun Instagram Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Saat melakukan sidak tersebut, terlihat Kapolri mengunjungi beberapa bagian yang ada di Satpas, mulai dari tempat tes tertulis hingga tes praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu juga sempat mengecek ruang uji simulator yang ada di sana dan tampak pada saat itu sedang digunakan pemohon.

Pada beberapa kesempatan, Sigit yang juga mantan Kapolda Banten itu mengajak diskusi para warga yang sedang melakukan pemohonan pembuatan SIM dengan menanyakan beberapa hal terkait adanya kesulitan atau alasan warga yang baru membuat SIM.

Bahkan, di lokasi uji praktik, Kapolri sempat melihat warga yang tengah melaksanakan ujian berkendara. Sigit juga sempat mendoakan agar warga dapat dinyatakan lulus mengikuti ujian tersebut.

Disela-sela kunjungannya, Kapolri beberapa kali menanyakan kepada Kasie SIM Polda Metro Jaya, Kompol Akasa yang saat itu didamping Kompol Rambing, "Ini kalau gagal ujian praktik bisa langsung ulang?,” kata Sigit sembari bertanya.

Lalu Kasie SIM Polda Metro Jaya menjawab, "Siap jenderal, dikasih waktu ulang 14 hari kemudian," ujar Kompol Akasa.

Kemudian Kapolri meminta agar diadakan kebijakan jika masyarakat gagal tes ujian praktik bisa ulang dihari yang sama. Bahkan, orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu juga meminta masyarakat diberi latihan terlebih dahulu sebelum melakukan pratik ujian.

"Kalau bisa kasih kesempatan dua kali pada hari yang sama. Karena makan waktu juga jika datang lagi. Tadi saya dengar ada yang 4 kali gagal, terus dikasih pelatihan dulu masyarakat sebelum ujian," ucap Kapolri.

Warga yang saat itu sedang mengikuti tes proses pembuatan SIM terlihat sempat mengajak Kapolri untuk berfoto. Ada juga salah satu warga yang berterima kasih saat Listyo melakukan sidak di sana dan mengapresiasi pelayanan pembuatan SIM. (Red)

Editor : Js