Header Ads Widget

Tingkatkan SDM Mahasiswa, Fakultas Hukum Unrika Gelar Diktum 1

Foto : Peserta tim Diktum 1 yang masuk dalam babak final (depan) bersama para Dewan juri baik dari internal Unrika, dewan juri dari eksternal Unrika didampingi Rektor Unrika dan Dekan Fakultas Hukum Unrika serta para dosen Fakultas Hukum Unrika (belakang). (dok/ist/Js) 

Batam, JejakSiber.com - Fakultas Hukum Universitas Riau Kepulauan (Unrika) menggelar Debat Intelektual Hukum pertama (Diktum 1) dengan memperebutkan Piala Bergilir Dekan Fakultas Hukum sejak Sabtu (26/11/22) hingga Selasa (29/11/22) di ruangan Auditorium Unrika, Batu Aji, Kota Batam.

Dekan Fakultas Hukum Unrika, Dr. Tri Artanto, S.H., M.H., menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai proses penjaringan bagi mahasiswa/i Prodi S1 Ilmu Hukum Unrika, mulai dari semester 1 (satu) sampai sementara 5 (lima) untuk dipersiapkan dalam mengikuti kegiatan Debat Intelektual antar Universitas tingkat Provinsi maupun nasional.

"Ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan oleh Unrika, jadi selama ini kita hanya sebagai peserta, sehingga kedepannya bisa kita bawa untuk mengikuti pertandingan ke tingkat nasional yang bisa membanggakan nama Unrika," kata Tri Artanto lulusan S1 Ilmu Hukum dari Universitas Bung Hatta pada tahun 1997 itu.

Tri Artanto yang merupakan lulusan Pascasarjana dari Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta pada tahun 2008 silam itu juga menuturkan, bahwa kedepannya kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara berkesinambungan.

"Ini untuk agenda tahunan, setiap tahun akan kita laksanakan, makanya disebutkan sebagai piala bergilir, dan kita juga menginginkan yang lebih besar, tahun depan itu akan kita buat lagi, dan sudah kita agendakan mungkin di awal tahun akan kita undang dari kampus lain dan pelaksanaannya Fakultas Hukum Unrika," pungkas Dekan Fakultas Hukum Unrika itu.

Lebih lanjut disampaikan oleh lulusan Doktor Program Studi Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung itu, selain proses penjaringan, pihaknya juga melakukan kegiatan tersebut untuk meningkatkan SDM mahasiswa/i yang lebih matang dan siap pakai setelah lulus dari Fakultas Hukum Unrika nantinya.

"Kita memang mencari bibit-bibit unggul mahasiswa di Fakultas Hukum, sehingga kedepannya mereka bisa jadi pemimpin masa depan, karena sudah terlatih dan sudah terbiasa, ketika berbicara, tampil di depan, ini yang kita harapkan menciptakan benih-benih pemimpin," ujar Tri Artanto saat diwawancarai awak media ini, Selasa (29/11/22) malam.

Diakhir wawancara, Dekan Fakultas Hukum Unrika itu menegaskan bahwa kesempurnaan hanya milik Allah Subhanhu Wa Ta'ala, sehingga ia berharap kedepannya para peserta yang ikut berpartisipasi dapat meningkatkan lagi agar lebih baik dalam Diktum berikutnya.

"Namanya juga proses, dalam hal ini untuk mengarah kepada yang lebih baik, karena kan semua itu tidak ada yang sempurna, saya sifatnya hanya membackup dan mendukung, tapi yang jelas ini memang murni kegiatan mahasiswa, segala kekurangan nanti akan kita perbaiki, supaya kedepannya bisa lebih baik, dan penampilan mahasiswa juga saya lihat sudah cukup menarik," tutup Tri Artanto.

Foto : Dekan Fakultas Hukum Unrika, Dr. Tri Artanto, S.H., M.H. saat menyerahkan sertifikat kepada tim peraih juara 1 serta uang pembinaan sebesar Rp.1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah). (dok/ist/Js)

Ditempat yang sama, Indra Tamina mewakili pemenang Juara 1 mengaku bangga atas perolehan tersebut, "Tentunya kami sangat senang atas perolehan yang kami dapatkan malam ini, karena ini juga pertama kalinya dibuat Debat Intelektual seperti ini di Unrika, maka daripada itu, kita sebagai peraih Juara 1 yang juga pertama kali juga kami mengikuti lomba Debat, tapi bisa mendapatkan hasil yang memuaskan," ujar Indra Tamina.

Selanjutnya masih kata Indra, "Tentu saja juga karena dipanggilnya juga orang-orang hebat seperti Ibu Marlin dan yang lainnya, hal itu juga yang menimbulkan semangat kami saat mengikuti kompetisi ini, maka dari itu, semoga kedepannya buat adik-adik kami yang kuliah di Unrika ini agar memiliki semangat untuk mengikuti Diktum 2, Diktum 3 yang mungkin akan terus dilaksanakan nanti," ucap Indra seraya memberikan pesan moral kepada mahasiswa/i Unrika.

Meski belum belum pernah sama sekali mengikuti debat seperti ini, Indra mengaku bahwa ini menjadi pengalaman pertama bagi tim nya, "Terlebih buat adik-adik kelas, agar dapat menjadi motivasi kedepannya, dan semoga kami dapat menjadi panutan daripada lomba debat ini, artinya untuk memupuk mental-mental debat para mahasiswa hukum, sebagaimana hukum itu penuh dengan pro dan kontra, tegakkan keadilan walaupun langit runtuh, fiat justitia ruat caelum," tutup Indra Tamina.

Untuk Juara 1 Diktum 1 tersebut diraih oleh tim R. Soerbakti dari Kelas A Semester 5 Fakultas Hukum Unrika yakni, Muh. Indra Tamima, Firman Hasibuan, dan Irvan Tri Andani Sinaga.

Dan untuk Juara 2 diraih oleh tim Sahetapy dari Kelas B Semester 3 Fakultas Hukum Unrika yakni, Muhammad Rizky Fauzan Nur, Uniken Setia Murni, dan Wulansari.

Sedangkan untuk Juara 3 diraih oleh tim Yasonna Laoly dari Kelas D Sementara 1 Fakultas Hukum Unrika yakni, Yusnaida Daulay, Andri Simanjuntak, dan Fernando Ferdinandus Napitu.

Sementara itu, untuk Juara Harapan 1 diraih oleh tim Eduard Oemar Sharif dari Kelas C Semester 5 Fakultas Hukum Unrika yakni, Herman Asmadi, Tapis Dabbal Siahaan, dan Elisabeth Christiani Hutasoit.

Foto : Para tamu undangan dari eksternal Unrika saat menyaksikan acara babak final Diktum 1 Unrika didampingi oleh Dekan Fakultas Hukum Unrika dan dosen Fakultas Hukum Unrika, Dr. Alwan, S.H., M.H. (dok/ist/Js)

Acara final Diktum 1 Fakultas Hukum Unrika tersebut dihadiri oleh, Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Hj. Marlin Agustina, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Andi Agung, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Irwansyah, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Batam, Herlina Setyorini diwakili oleh Kasubsi B Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Batam, Samuel Pangaribuan, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam, Syailendra Reza, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Martius.

Kegiatan itu juga turut dihadiri oleh Rektor Unrika, Prof. Dr. Hj. Sri Langgeng Ratnasari, S.E., M.M., Wakil Rektor 3 Unrika, Linayati Lestari, S.I.P., M.A., Ph.D., Dekan Fakultas Hukum Unrika, Dr. Tri Artanto, S.H., M.H., para Dosen Fakultas Hukum Unrika, serta seluruh mahasiswa/i Fakultas Hukum Unrika dari Semester 1 hingga Semester 5. (Js)

Editor : Red