Header Ads Widget

Pasca Gempa Magnitudo 7.3 di Sumbar, BMKG Sampaikan Peringatan Dini Tsunami untuk Sumut

Foto : Screenshot peringatan di website bmkg.go.id. (dok/ist/Js/ss) 

Batam, JejakSiber.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini tsunami-1 untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (25/4/23) sekira pukul 03.05 WIB.

Informasi itu disampaikan dalam website resmi BMKG setelah terjadi gempa di wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), tepatnya pusat gempa berada di Laut 177 km BaratLaut, Kepulauan Mentawai.

Dikabarkan gempa tersebut berkekuatan magnitudo 7.3 dengan kedalaman 84 kilometer, dan terjadi pada Selasa (25/4/23) dini hari sekira pukul 03.00 WIB.

Gempa dirasakan di berbagai daerah, yakni VI Siberut, VI Mentawai, V Pasaman Barat, V Padang Pariaman, V Agam, V Padang, III Gunung Sitoli, III Padang Panjang, III Pesisir Selatan, III Limapuluhkota, III Solok Selatan, III Solok, III Bukittinggi, II Labuhan Batu, II Padang Sidempuan, dan daerah lain yang berada di Sumatera Utara.

Berdasarkan hal itu, BMKG menyarankan kepada masyarakat agar mengikuti arahan peringatan dini TSUNAMI dari BPBD, BNPB dan BMKG.

Berikut Saran dan Arahan Status Peringatan dari BMKG pasca terjadinya gempa di Sumbar tersebut, dikutip media ini dari website resmi BMKG, warning.bmkg.go.id

AWAS

Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Awas" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh

SIAGA

Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Siaga" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi

WASPADA

Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Waspada" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai

Dalam informasi tersebut, BMKG menyebutkan daerah yang berpotensi terjadi tsunami berdasarkan pemodelan yaitu Nias Selatan, Pulau Tanabala, Sumut dengan berstatus WASPADA. (Js)

Editor : Red