Header Ads Widget

PWI Gelar UKW di Sorong, Asep Setiawan Minta Wartawan Jeli dalam Menghadirkan Informasi

Foto : PWI Menggelar UKW di Sorong. (dok/Jos/ist)

Sorong, JejakSiber.com - Asep Setiawan dari Dewan Pers membuka pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Jumat (4/8/23) bertempat di Aston Sorong Hotel dan Converence Center Jl. Basuki Rahmat KM 7,5 Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya.

Dikatakan Asep Setiawan, dirinya mengapresiasi pelaksanaan UKW dilihat dari animo wartawan yang ikut UKW.

Dalam sambutannya, Asep Setiawan juga memberitahukan bahwa kegiatan UKW yang sudah terlaksana di Indonesia sebanyak 730 kali dan menghasilkan 16 ribu lebih wartawan yang sudah memiliki kartu Muda, Madya dan Utama, khusus di Provinsi Papua Barat pelaksanaan UKW sebanyak 9 kali dan Provinsi Papua Barat Daya 1 kali pelaksanaan UKW.

Diakhir sambutannya Asep Setiawan mengatakan peserta UKW agar bersungguh-sungguh menyerap materi-materi dari penguji, sebab ilmu itu yang dipakai menjalankan tugas selaku jurnalis.

"Secara khusus Indonesia menuju tahun-tahun politik pemilihan Presiden dan wakilnya, anggota DPR-RI, ditingkat pusat dan daerah, tugas jurnalis harus mampu memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat," kata Asep Setiawan.

Sementara itu, melalui press release dari Dewan Pers yang disampaikan Pejabat sementara PWI Papua Barat Daya, Yudhi Brasco memaparkan bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan PWI Sorong tersebut difasilitasi oleh pengurus PWI Pusat, Dewan Pers dan Kementerian Kominfo.

"Anggarannya bersumber dari anggaran DIPA sekretariat Dewan Pers TA 2023. Jumlah peserta UKW sebanyak 36 orang dari PWI dan IJTI," demikian dijelaskan Yudhi Brasco kepada media melalui keterangan persnya.

Adapun tim penguji masing masing, Taufan Pamungkas Marhendra (PWI), Andi Faisal Syam (PWI), Ainur Rohim (PWI), Herik Kurniawan (IJTI), dan Rahmat Hidayat (IJTI).

Kegiatan UKW berlangsung selama dua hari mulai dari hari Jumat (4/8/23) hingga Sabtu (5/8/24). (Jos)

Editor : Js