Header Ads Widget

Pengoperasian Kembali Eks RSKI Galang, Pangdam I/BB Teken MoU dengan Artha Graha Peduli

Foto : Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB), Mayjen TNI Mochammad Hasan sedang melakukan penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) melalui Komando Daerah Militer (Kodam) I/BB dengan Yayasan Artha Graha Peduli di lapangan rest area RSKI Galang, Batam, Kepri, Jumat (17/11/23). (dok/ist)

Batam, JejakSiber.com - Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB), Mayjen TNI Mochammad Hasan secara resmi dijadikan Eks Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang sebagai pelayanan kesehatan umum dan pengobatan secara gratis.

Hal itu disampaikan langsung oleh Pangdam I/BB usai melakukan penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) melalui Komando Daerah Militer (Kodam) I/BB dengan Yayasan Artha Graha Peduli di lapangan rest area RSKI Galang, Batam, Kepri, Jumat (17/11/23).

Pangdam menyampaikan bahwa, perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mewujudkan kolaborasi bersama kedua belah pihak dalam hal meningkatkan mutu dan kualitas kesehatan masyarakat, prajurit TNI maupun Polri di kawasan Pulau Galang, Rempang, Batam dan sekitarnya.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari upaya dalam rangka mengoptimalkan Eks RSKI Galang dengan pemanfaatan fasilitas kesehatan di dalamnya yang tidak dioperasionalkan lagi, pasca Covid-19 berakhir.

"Pagi ini kita meresmikan pemanfaatan kembali Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang yang sudah cukup lama tidak dimanfaatkan," Pangdam didampingi Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Watuseke di lokasi.

"Ini guna membantu masyarakat dengan mengoperasikan kembali RSKI Galang berupa pemberian pelayanan kesehatan umum dan pengobatan gratis secara bertahap yang bekerjasama dengan Artha Graha Peduli, tim kesehatan Kodam I/BB serta unsur kesehatan TNI lainnya dan Polri yang dapat dirasakan langsung manfaatnya sehingga tempat ini bisa terawat," ujar Mochammad Hasan.

Mochammad Hasan juga berharap agar RSKI Galang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan, kesejahteraan ataupun kesehatan masyarakat. Selain itu, RSKI Galang dapat semakin berkembang ke depannya.

"Tujuannya kita merawat tempat ini, supaya aset negara tersebut benar-benar bisa dioperasionalkan apabila dibutuhkan sewaktu-waktu," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Yayasan Artha Graha Peduli, Fernandi Anggada mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk turut berkolaborasi mensukseskan program pendampingan penguatan pembinaan teritorial (Binter) terhadap pelayanan kesehatan terpadu tersebut.

"Insyaallah, kami (Yayasan Artha Graha Peduli_red) akan memberikan yang terbaik semampu kami demi melayani masyarakat, khususnya Rempang dan Galang. Kami percaya, masyarakat sehat, Indonesia kuat. Semoga ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua," ujar Fernandi Anggada.

Usai penandatanganan MoU, Pangdam beserta rombongan tamu undangan berkesempatan langsung meninjau lokasi-lokasi pelayanan kesehatan di RSKI Galang serta melihat langsung masyarakat yang tengah mengantri untuk berobat dan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos) berupa pembagian sembako kepada masyarakat Rempang dan Galang. (Red/***)

Editor : Js