Header Ads Widget

Prabowo-Gibran Tawarkan Visi Misi, Kaesang Usulkan Program Tambahan

Foto : Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menawarkan visi dan misi serta berbagai program unggulan. (dok/ist/ss)

Jakarta, JejakSiber.com - Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka adalah pasangan terakhir yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pasangan ini telah menawarkan visi dan delapan misi asta cita, serta berbagai program yang nantinya akan dilaksanakan ketika terpilih jadi Presiden dan Wakil Presiden.

Dalam draft tersebut, pasangan Prabowo-Gibran menuliskan Visi "Bersama Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas 2045"

8 Misi Asta Cita

1. Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM).

2. Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur.

3. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.

4. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba.

5. Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

6. Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.

7. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.

8. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

8 Program Hasil Terbaik Cepat Prabowo-Gibran

1. Memberi makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil.

2. Mencetak dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian dengan lumbung pangan desa, daerah, dan nasional.

3. Melanjutkan dan menambahkan program kartu-kartu kesejahteraan sosial serta kartu usaha untuk menghilangkan kemiskinan absolut.

4. Melanjutkan pembangunan infrastruktur desa, Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan menyediakan rumah murah bersanitasi baik untuk yang membutuhkan.

5. Menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis, menurunkan kasus TBC 50% dalam lima tahun dan bangun RS lengkap berkualitas di kabupaten.

6. Membangun sekolah-sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten, dan memperbaiki sekolah-sekolah yang perlu renovasi.

7. Menaikkan gaji ASN (terutama guru, dosen, dan tenaga kesehatan), TNI/POLRI, dan pejabat negara.

8. Mendirikan Badan Penerimaan Negara dan meningkatkan rasio penerimaan negara terhadap produk domestik bruto (PDB) ke 23%.

17 Program Prioritas Prabowo-Gibran

1. Mencapai swasembada pangan, energi, dan air.

2. Reformasi politik, hukum, dan birokrasi.

3. Pemberantasan kemiskinan.

4. Menjamin tersedianya pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia: Peningkatan BPJS Kesehatan dan penyediaan obat untuk rakyat.

5. Penguatan pertahanan dan keamanan negara dan pemeliharaan hubungan internasional yang kondusif.

6. Menjamin pelestarian lingkungan hidup.

7. Menjamin rumah murah dan sanitasi untuk masyarakat desa dan rakyat yang membutuhkan.

8. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi berbasiskan sumber daya alam (SDA), termasuk di sekitar maritim untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya dalam mewujudkan keadilan ekonomi.

9. Penyempurnaan sistem penerimaan negara.

10. Pencegahan dan pemberantasan korupsi.

11. Pencegahan dan pemberantasan narkoba.

12. Penguatan pendidikan, sains dan teknologi, serta digitalisasi.

13. Penguatan kesehatan gender dan perlindungan hak perempuan, anak, serta penyandang disabilitas.

14. Menjamin ketersediaan pupuk, benih, dan pestisida langsung ke petani.

15. Melanjutkan pemerataan ekonomi, penguatan UMKM dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

16. Memastikan kerukunan antarumat beragama, kebebasan beribadah, dan perawatan rumah ibadah.

17. Pelestarian seni budaya, peningkatan ekonomi kreatif, dan peningkatan prestasi olahraga.

Demikian dikutip media ini dari draft visi-misi Prabowo-Gibran, Kamis (2/11/23).

Program Tambahan Usulan Kaesang Pangarep

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mengusulkan penambahan visi dan misi bakal pasangan Capres-Cawapres usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu.

"Walaupun sekarang kami ada di KIM, tetapi bukan berarti semua program yang diajukan (bakal) Capres-Cawapres kami langsung setuju, nggak juga. Kami pasti akan mendorong beberapa program yang selaras dengan PSI," kata Kaesang di Jalan Penjernihan Dalam, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/23).

Saat ini, kata Kaesang yang juga merupakan adik kandung Gibran itu menyebutkan bahwa visi dan misi Prabowo-Gibran tercatat belum mencakup soal penyelesaian pelanggaran hak asasi berat (HAM) berat di masa lalu.

"PSI ingin memajukan Indonesia dalam berbagai bidang, termasuk bidang ekonomi dan hukum, pasti kami akan majukan semua," ucap Kaesang.

Putra bungsu Presiden Jokowi itu juga menyoroti program Dana Abadi Pesantren yang diusulkan Gibran Rakabuming Raka saat berpidato di depan relawan di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, sebelum mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI beberapa waktu lalu.

"Pokoknya (dana abadi) nggak hanya (untuk) pesantren saja, tetapi untuk seluruh umat agama yang lain juga. Kami lagi minta agar itu dimajukan juga, jadi nggak hanya Dana Abadi Pesantren," pungkasnya.

Selain itu, Kaesang juga ingin mengusulkan program Dana Abadi Seminari kepada pasangan Prabowo-Gibran serta dana abadi untuk sekolah-sekolah berbasis seluruh agama yang ada di Indonesia.

"Oh, kemarin (ada usul) yang Dana Abadi Seminari. Oh, nanti (dana abadi sekolah) Budha, Hindu apa, sampaikan saja," ujar Ketum PSI itu. (Red)

Editor : Js