Header Ads Widget

Total 668 DCT Caleg DPD-RI di Pemilu 2024, 14 Maju dari Dapil Kepri Didominasi Orang Lama

Foto : Ilustrasi Pemilihan Caleg DPD-RI. (dok/ist)

Batam, JejakSiber.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan dan mengumumkan nama-nama Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) yang akan berkontestasi pada Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyebutkan, sebanyak sebanyak 668 Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang ditetapkan DCT DPD-RI untuk Pemilu 2024. Angka tersebut tersebar di 38 Provinsi di Indonesia. Penetapan tersebut dilakukan berdasarkan PKPU 11/2023 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD.

Adapun review perjalanan DCT DPD, di bagian awal KPU memberikan akses Silon kepada bacalon DPD di 38 provinsi sebanyak 1.030 orang. Dari jumlah tersebut bacalon yang mengikuti penyerahan dukungan sebanyak 865 orang. Dan yang dinyatakan memenuhi syarat dukungan sebanyak 701 orang.

Dari jumlah tersebut, pada akhirnya yang mendaftarkan diri menjadi calon DPD dari tanggal 1 hingga 14 Mei 2023 sebanyak 683 orang. Dan setelah melalui proses verifikasi awal, 113 orang dinyatakan memenuhi syarat, sedangkan 568 orang belum memenuhi syarat, dan 2 orang tidak memenuhi syarat.

"Setelah melalui syarat perbaikan pada verifikasi akhir, yang memenuhi syarat sebanyak 675 orang, dan tidak memenuhi syarat sebanyak 8 orang," kata Hasyim Asy'ari saat jumpa pers, Jumat (3/11/23).

Setelah masuk DCS, satu orang mengundurkan diri, sehingga jumlahnya menjadi 674 orang. Dan dalam proses dari DCS menuju DCT, kembali 4 orang mengundurkan diri, 1 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat pada masa tanggapan masyarakat, dan 1 orang lainnya tidak memenuhi syarat terkait syarat jeda 5 tahun.

"Sehingga total DCT DPD yang ditetapkan sebanyak 668 orang, dengan rincian laki-laki 585 orang, dan perempuan 133 orang," pungkasnya.

Berikut ini DCT Anggota DPD-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Kepri dari 668 orang yang dinyatakan memenuhi syarat untuk ikut berkontestasi dalam pesta demokrasi pada Pemilu 2024 mendatang sesuai dengan nomor urut calon ;

1. David Farel Sibuea, M.Th., D.Min. (Laki-laki)

2. H. Dharma Setiawan (Laki-laki)

3. Dwi Ajeng Sekar Respaty, S.H., M.Kn. (Perempuan)

4. Gerry Yasid, S.H., M.H. (Laki-laki)

5. Drs. H. Hardi Selamat Hood, M.Si., Ph.D. (Laki-laki)

6. Haripinto Tanuwidjaja (Laki-laki)

7. Ir. Hotman Hutapea (Laki-laki)

8. Drs. Ismeth Abdullah (Laki-laki)

9. Juanda, S.Mn., M.M. (Laki-laki)

10. Ria Saptarika (Laki-laki)

11. Dr. Richard Hamonangan Pasaribu, B.Sc., M.Sc. (Laki-laki)

12. Sirajudin Nur (Laki-laki)

13. Stephane Gerald Martogi Siburian (Laki-laki)

14. Sunarto Poniman, S.H. (Laki-laki)

Demikian DCT Anggota DPD-RI Dapil Kepri, berdasarkan nomor urut Caleg sebagaimana dikutip media ini dari website resmi KPU kpu.go.id, Sabtu (4/11/23).

Mochammad Afifuddin yang merupakan salah satu dari Anggota KPU menyampaikan, pasca pengumuman DCT ini, para pihak yang menyoal penetapan DCT dapat mengajukan sengketa ke Bawaslu di 3 hari kerja, yaitu tanggal 6 hingga 8 November 2023.

"Adapun proses penyelesaian sengketa selama 12 hari, dengan sebelumnya dilakukan mediasi," ujar Mochammad Afifuddin. (Js)

Editor : Red