Header Ads Widget

Pererat Tali Kasih Persaudaraan, Punguan Tuan Sihubil Sorong Gelar Syukuran Awal Tahun 2024

Foto : Syukuran awal tahun 2024 Tuan Sihubil Sorong. (dok/ist/Jos)

Sorong, JejakSiber.com - Kumpulan (Punguan) Tuan Sihubil dan Boru se-Kota dan Kabupaten Sorong menggelar acara bona taon (syukuran awal tahun) 2024, bertempat di Pantai Tanjung Kasuari (Tangkas) Kota Sorong, Minggu (28/1/24).

Syukuran awal tahun yang digelar oleh ikatan sosial kemasyarakan dinamai kumpulan Tuan Sihubil tersebut terdiri dari marga-marga yang terdapat didalamnya, yakni marga Baringbing, Silaen, dan Tampubolon serta beragam marga lain yang memperistirkan boru Baringbing, Silaen, dan Tampubolon.

Acara tersebut ditandai dengan ibadah syukur di bawa sorotan sub tema "Mempererat Tali Kasih Persaudaraan untuk memajukan Tuan Sihubil"

Ibadah syukur awal tahun oleh Tuan Sihubil Kota dan Kabupaten Sorong itu dipimpin oleh hamba Tuhan, Gembala Grace Mangeber Patu Patu.

Hamba Tuhan Gembala Grace dalam khotbanya lebih menyoroti sub tema mempererat tali kasih persaudaraan lebih memajukan kumpulan Tuan Sihubil, sebab menurutnya kebersamaan didalam persaudaraan adalah hal yang penting terjalin diantara sesama anggota didalam membangun organisasi atau ikatan keluarga, secara khusus kumpulan atau punguan Tuan Sihubil.

"Saya bangga panitia memilih saya untuk membawa Firman Tuhan sebab baru pertama kali saya membawa firman Tuhan di ikatan sosial kemasyarakatan Batak," ujar gembala Grace.

Sementara itu, Ketua Panitia, D. Silaen mengucapkan terima kasih atas partisipasi, sumbangsih pemikiran dan bantuan dana sehingga panitia bisa melaksanakan acara syukuran bona taon (Doa awal tahun) 2024.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua punguan (kumpulan) Tuan Sihubil, P. Baringbing dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras meluangkan waktu dan tenaga demi terlaksananya acara bona taon dan Puji Tuhan dapat berlangsung dengan baik.

Ketua punguan itu juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh anggota keluarga per keluarga yang semuanya hadir memenuhi undangan panitia.

Kehadiran semua keluarga pertanda bahwa ikatan Tuan Sihubil dan Boru se-Sorong Raya semakin erat dan selalu maju.

Foto : Acara syukuran awal tahun 2024 Tuan Sihubil Sorong. (dok/ist/Jos)

Usai ibadah, dilanjutkan dengan makan bersama kemudian acara-acara hiburan menari atau manortor adat Batak yang dibagi beberapa sesi, sesi pertama anak-anak 0 tahun hingga kelas 6 SD, dilanjut sesi kedua usia SMP, SMA hingga anggota naposo bulung (pemuda/pemudi) punguan.

Selanjutnya sesi ketiga tortor hula-hula, yaitu anak laki-laki marga Baringbing, Silaen, dan Tampubolon beserta istri masing-masing.

Sesi tortor terakhir yaitu tortor dari boru, boru Baringbing, Silaen, dan boru Tampubolon beserta suami masing-masing.

Acara manortor (menari) diwarnai dengan saweran, baik untuk anak-anak pun saweran atau tumpak dari boru ke hula-hula berbentuk uang.

Tak ketinggalan hebohnya di acara hiburan (game) yang diadakan oleh panitia diantaranya tarik tambang memakai daster serta permainan lainnya, cari uang didalam tumpukan pasir, dan persembahan lagu-lagu hiburan.

Acara dimulai jam.09.30 WIT dan selesai jam 17.00 WIT. Acara penutup ditandai dengan berjabat tangan setelah doa pentup oleh I. Tampubolon. (Jos)

Editor : Js