Header Ads Widget

Tajuk Rencana, Joharman Silaen : "Pemilu Telah Usai, Mari Kembali Fokus Bekerja"

Foto : Pemimpin Redaksi JejakSiber.com, Joharman Silaen. (dok/ist)

JejakSiber.com - Rakyat Indonesia yang berdomisili di dalam negeri maupun rakyat Indonesia yang berpenduduk di luar negeri telah menyalurkan hak politiknya pada pemilihan umum 2024 kemarin, baik itu pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif telah berlangsung.

Banyak suka dan duka pada pesta akbar 5 tahunan itu, salah satu sukanya, pesta demokrasi telah usai tanpa halangan tak berarti, sedangkan dukanya, puluhan orang meninggal dunia yang bekerja di TPS atau Tempat Pemungutan Suara, beberapa orang diantaranya Ketua KPPS akibat kelelahan.

Kemudian, sebelum pemilihan dan setelah pemilihan banyak perbedaan politik, menjamur di seantero nusantara baik itu di Pusat, Provinsi, Daerah hingga ke pelosok pelosok negeri.

Perbedaan pandangan politik tersebut lumrah di era keterbukaan berpendapat selagi dalam membicarakannya dalam koridor yang santun dan jangan sampai di dalam hati.

Berdasarkan hasil hitung cepat hingga Rabu (14/2/2024), pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, unggul dengan perolehan suara hitung cepat itu.

Para pengamatpun berbicara serta memprediksi bahwa pemilihan presiden hanya berlangsung dalam satu putaran.

Penghitungan suara tersebut dilangsungkan di 820.161 TPS didalan negeri, dan 3.059 TPS di luar negeri.

Untuk mengetahui angka ini lebih pastinya perolehan suara, mari kita nantikan bersama sama dari hasil akhir penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Seusai pesta demokrasi yang telah berakhir, mari kita kembali fokus bekerja, sebab urusan manusia di dunia ini tentu bukan hanya urusan politik, ada hal penting lain, seperti soal kesejahteraan yang menjadi bagian perekonomian, karena tantangan kehidupan dimasa depan begitu besar dan tidak terprediksikan.

Disrupsi teknologi misalnya, dapat mempengaruhi ratusan juta warga. Olehnya, mari fokus bekerja, berinofasi untuk masing masing pribadi, dan mengandalkan Tuhan dalam hidup. (***)

Oleh : Joharman Silaen, Pemimpin Redaksi JejakSiber.com