Header Ads Widget

Daftar Kuliah di Unrika Sekarang, Gratis Biaya Pembangunan

Foto : Gedung Kampus Universitas Riau Kepulauan (Unrika). (dok/ist/Js)

Batam, JejakSiber.com - Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam dengan motto "Unggul, Kreatif, dan Mandiri" kembali membuka penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) jenjang Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) Tahun Akademik (TA) 2024/2025 dengan berbagai Program Studi (Prodi) dan berbagai keuntungan.

Pendaftaran dibagi menjadi 3 (tiga) gelombang, yaitu gelombang pertama sejak 1 Januari 2024 s/d 31 Maret 2024 (gratis biaya pembangunan 100%), gelombang kedua pada 1 April 2024 s/d 30 Juni 2024 (diskon biaya pembangunan sebesar 50%), dan gelombang ketiga pada 1 Juli 2024 s/d 31 Agustus 2024 (biaya administrasi normal).

Unrika memiliki 15 Program Studi (Prodi) S1 yang terdiri dari 5 (lima) Fakultas, antara lain Fakultas Teknik (Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Mesin, dan Arsitektur), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Ilmu Pemerintahan), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis Digital), Fakultas Hukum (Ilmu Hukum), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, dan Bimbingan Konseling) serta Pendidikan Profesi Guru.

Sedangkan untuk jenjang Pascasarjana, di Unrika sendiri saat ini tersedia 3 (tiga) Program Studi, yakni Magister Manajemen, Magister Hukum, dan Magister Manajemen Pendidikan.

Disamping itu, Unrika juga menyediakan berbagai program beasiswa untuk jenjang S1, yakni Beasiswa KIP, Beasiswa Yayasan, Beasiswa Full (100%) Hafiz Quran dan Prestasi Tingkat Nasional, serta Potongan SPP 50% Prestasi Tingkat Provinsi.

Unrika yang dulu dikenal dengan Perguruan Tinggi Batam itu juga menyajikan 3 (tiga) metode pembelajaran, antara lain Kelas Reguler/Offline (metode belajar dengan tatap muka), Blanded Learning/Campuran, dan Kelas Shift (metode belajar menyesuaikan dengan jam kerja "syarat dan ketentuan berlaku")

Adapun prosedur pendaftaran Maba di Unrika yaitu;

1. Pengisian formulir pendaftaran online

- Akses ke laman website: https//siakad.unrika.ac.id

- Mengisi biodata dan meng-upload persyaratan yang diperlukan

2. Membayar biaya pendaftaran

- Biaya pendaftaran Rp.300.000,- (tiga ratus ribu rupiah)

- Transfer ke rekening BRI: 0331-01-002510-30-5 atas nama Universitas Riau Kepulauan

3. Mencetak formulir pendaftaran online dan menyiapkan nomor registrasi pendaftaran

4. Ujian masuk

- Login menggunakan nomor registrasi pendaftaran link: https//siakad.unrika.ac.id

- Menerima informasi ujian dari panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

5. Pengumuman kelulusan daftar ulang dan evaluasi berkas

6. Menerima Nomor Pokok Mahasiswa (NPM)

Selanjutnya, untuk proses daftar ulang dan verifikasi berkas, yaitu;

1. Melakukan pembayaran registrasi biaya studi, (Biaya Perlengkapan, Biaya Pembangunan, dan SPP Semester)

2. Menyerahkan berkas pendaftaran mahasiswa baru ke panitia PMB Universitas Riau Kepulauan

- 2 lembar formulir pendaftaran online

- 2 lembar fotocopy KTP/Paspor

- 2 lembar fotocopy KTP orang tua/Kartu Keluarga

- 2 lembar fotocopy ijazah terakhir legalisir asli

- 2 lembar Surat Keterangan Lulus Sekolah (bagi yang belum memiliki ijazah)

- 2 lembar materai 10.000

- Surat Keterangan Pindah dari Perguruan Tinggi asal (khusus untuk mahasiswa pindahan/konversi)

- Transkrip Nilai Terakhir dari Perguruan Tinggi asal (khusus untuk mahasiswa pindahan/konversi)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi panitia PMB Unrika melalui nomor telepon atau WhatsApp 0822-8801-5900 atau datang langsung ke Sekretariat PMB Unrika di Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Kota Batam yang buka setiap hari Senin-Jumat pukul 09.00-21.00 WIB, Sabtu pukul 09.00-13.00 WIB.

Yuk, jangan ragu lagi mendaftar dan kuliah di Unrika, untuk status Akreditasi, Unrika terakreditasi B dan telah memperoleh banyak prestasi di dunia pendidikan, baik secara Universitas maupun para mahasiswa mahasiswi yang menempuh pendidikan di Unrika.

Selain itu, Unrika juga kerap terlibat dan bekerjasama dengan pihak pemerintah loh, baik pemerintah daerah hingga pemerintah pusat dalam berbagai program.

Kepada redaksi media ini, Rektor Unrika, Prof. Dr. Hj. Sri Langgeng Ratnasari, S.E., M.M. menuturkan bahwa UNRIKA merupakan Perguruan Tinggi Pertama di Kota Batam, yang telah hadir 31 tahun lalu.

Guru Besar Perempuan Pertama di Provinsi Kepri itu juga menjelaskan bahwa UNRIKA mulai menerima mahasiswa jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran lampau) untuk seluruh program studi yang telah terakreditasi B dan Baik Sekali, pada prodi S1 maupun prodi S2.

"Prodi S1 bisa dengan RPL yakni Manajemen, Akuntansi, Teknik Industri, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Matematika, Bimbingan dan Konseling, Ilmu Hukum, dan Ilmu Pemerintahan," jelas Prof. Dr. Hj. Sri Langgeng Ratnasari melalui pesan WhatsApp pribadinya, Senin (4/3/24).

Lanjut Prof. Sri Langgeng, sedangkan untuk Prodi S2 dengan RPL Magister Manajemen. "Untuk penjelasan detil terkait RPL bisa mengunjungi https://www.unrika.ac.id/rpl-rekognisi-pembelajaran-lampau/," pungkasnya. (Js)

Editor : Red