Header Ads Widget

Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing Resmi Jabat Dandim 0316/Batam Gantikan Galih Bramantyo

Foto : Pisah sambut Komandan Kodim 0316/Batam, dari Letkol Inf. Galih Bramantyo kepada Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing yang dihadiri Forkompimda Kota Batam dan dipimpin langsung oleh Danrem 033/WP.

Batam, JejakSiber.com – Komandan Korem (Danrem) 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Jimmy Watuseke memimpin upacara pisah sambut Komandan Kodim 0316/Batam dari Letkol Inf. Galih Bramantyo kepada Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Makodim 0316/Batam, Senin (4/3/2024).

Danrem 033/WP mengatakan, "Serah terima jabatan ini merupakan rangkaian dari prosesi tour of duty dan tour of area di lingkungan TNI Angkatan Darat (AD) khususnya Korem 033/WP," kata Jimmy Watuseke.

Brigjen TNI Jimmy Watuseke juga menuturkan, rotasi jabatan ini sebagai konsekuensi logis dari tuntutan kebutuhan organisasi sekaligus merupakan upaya penyegaran dalam rangka pembinaan personel sebagai bagian dari pembinaan satuan.

"Dalam pembinaan tradisi di lingkungan Korem 033/WP, kegiatan tersebut merupakan manivestasi jiwa dan semangat Pancasila, Sumpah Prajurit dan Sapta Marga dengan tujuan untuk membangkitkan semangat perjuangan, pengabdian, pengorbanan dalam rangka memelihara identitas dan soliditas satuan," pungkasnya.

Lanjut Danrem 033/WP, melalui alih tugas dan jabatan ini, diharapkan para pejabat baru akan semakin mampu memacu semangat dan kreatifitasnya sehingga melahirkan ide serta pemikiran baru yang lebih segar dalam rangka memberikan pengabdian terbaik demi kemajuan Satuan Kodim 0316/Batam.

"Kepada para pejabat baru, untuk segera mengenali dan mempelajari apa yang menjadi tugas pokok dan fungsinya, sehingga semuanya akan dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan dan rantai pekerjaan dapat terus berjalan," tegas Danrem 033/WP.

Disela-sela kegiatan, Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing yang merupakan Dandim 0316/Batam yang baru menjabat mengatakan, "Sebagai pejabat baru, saya akan meneruskan program-program yang telah ditentukan oleh TNI AD," ucapnya.

Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing juga mengatakan, sebagaimana diketahui bersama bahwa Kota Batam adalah salah satu Kota yang sangat strategis karena berdekatan langsung dengan tetangga Malaysia dan Singapura.

"Untuk itu, saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban tetap terjaga dengan baik di Kota Batam, sehingga Batam tetap menjadi daerah tujuan untuk berinvestasi. Dengan situasi keamanan yang kondusif, membuat Kota Batam akan terus menjadi Kota tujuan investasi di Indonesia," ujar Letkol Rooy Chandra Sihombing.

Mengenai status Kodim 0316/Batam yang berubah dari Tipe B menjadi Tipe A, Letkol Rooy Chandra Sihombing mengatakan, secara organisasi tentunya akan ada perubahan-perubahan terhadap perangkatnya, yang akan menguatkan pembinaan teritorial di Kota Batam, "Dengan kenaikan tipe ini, yang sebelumnya Dandim berpangkat Letnan Kolonel, maka setelah kenaikan ini akan berpangkat Kolonel," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Letkol Inf. Galih Bramantyo yang merupakan Dandim 0316/Batam sebelumnya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Forkompimda Batam dan juga kepada seluruh masyarakat di Kota Batam, yang telah mendukungnya selama ini.

"Kami merasa sangat terkesan sekali selama bertugas di Batam, karena FKPD dibawah kepemimpinan Bapak Rudi (Wali Kota Batam_red) sangat guyub (solid) sekali, sehingga kondusivitas keamanan dan kenyamanan masyarakat terjalin dengan baik," ucap Letkol Galih.

Letkol Galih Bramantyo juga menuturkan bahwa sinergitas antara TNI-Polri dan instansi-instansi lainya yang ada di Kota Batam sangat erat, baik pada jam dinas maupun diluar jam dinas, "Semua permasalahan yang terjadi di FKPD, ketika kami laporkan ke Pak Wali (H. Muhammad Rudi_red) semuanya langsung beres. Serius tapi santai, apalagi kalau santai," ujarnya.

Di akhir wawancara dengan awak media, Letkol Galih menyampaikan permohonan maaf apabila selama bertugas ada kesalahan, baik perkataan maupun perbuatan yang kurang berkenan, "Atas nama pribadi dan keluarga, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan, kami mohon diri pamit untuk melaksanakan tugas ditempat yang baru," tutup Letkol Galih mengakhiri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Watuseke, Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi, Ketua DPRD Kota Batam, Kasrem, Danlanud, Danlanal, Danyon Marinir 10/SBY, Danden POM, Kapolresta Barelang, serta undangan lainnya.

Acara pisah sambut tersebut dikemas secara sederhana dengan penuh keakraban antara pejabat lama dengan pejabat baru serta Forkopimda Kota Batam. (Js)

Editor : Red