Header Ads Widget

Kenapa Harus Memilih Kuliah di Unrika?

Foto : Gedung Kampus Utama Unrika, Batu Aji tampak depan. (dok/ist/Js)

Batam, JejakSiber.com - Universitas Riau Kepulauan atau biasa dikenal dengan UNRIKA merupakan Universitas swasta pertama di Provinsi Kepulauan Riau. UNRIKA merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Batam yang berdiri sejak tahun 1993 oleh Yayasan Perguruan Tinggi Batam (YPTB).

Saat ini UNRIKA telah memiliki 5 Fakultas, terdiri dari 15 Program Studi S1 dan 1 Program Pascasarjana yang terdiri dari 3 Magister, yakni Magister Manajemen, Magister Hukum, dan Magister Manajemen Pendidikan. UNRIKA memiliki Kampus Induk di Jl. Pahlawan No. 99, Batu Aji, Kota Batam dan Kampus II di Palm Spring Blok A1 No. 7-7A- 8 Batam Centre.

MENGAPA MEMILIH UNRIKA?

Universitas Riau Kepulauan atau UNRIKA merupakan Perguruan Tinggi Swasta tertua di Kota Batam, dan salah satu Universitas terbaik di Provinsi Kepulauan Riau.

UNRIKA diisi oleh Sumber Daya Manusia terbaik mulai dari Dosen-Dosen lulusan Universitas Terbaik dan sebagian besar sudah Tersertifikasi Sebagai Dosen Profesional.

Tenaga Kependidikan, dan Alumni juga mendukung kecemerlangan Kampus Orange ini (dahulunya Biru), dimana Alumni tersebar merata baik di Provinsi Kepulauan Riau, Wilayah Sumatera, bahkan beberapa wilayah di Indonesia.

Unrika telah mengabdikan diri lebih dari 20 tahun dan berkontribusi mencerdaskan bangsa, telah meluluskan ribuan mahasiswa yang Unggul, Kreatif dan Mandiri yang siap bersaing di dunia kerja maupun dunia usaha.

Pengertian Organisasi?

Sebelum masuk lebih jauh, alangkah baiknya kita memahami apa itu organisasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), organisasi adalah suatu kesatuan atau susunan yang terdiri atas orang-orang dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. Contohnya seperti sekelompok orang yang bekerja sama, layaknya asosiasi lingkungan, amal, serikat pekerja, atau perusahaan.

Sedangkan menurut Oliver Sheldon, organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas, sedemikan rupa, memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia.

Tapi, apa itu Organisasi Mahasiswa?

Organisasi kemahasiswaan atau ORMAWA adalah sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitansi kemahasiswaannya berupa aspirasi, argumentasi, nalar berfikir kritis atau gagasan-gagasan positif melalui kegiatan yang relefan dengan tujuan pendidikan nasional serta visi dan misi institut perguruan tinggi itu sendiri.

Lalu apa saja organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Riau Kepulauan?;

1. HIMPALA UNRIKA

Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam atau HIMPALA merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang berada di Unrika, organisasi mahasiswa yang berdiri sejak tahun 2009 itu masih eksis hingga saat ini dikalangan mahasiswa pencinta alam Universitas Riau Kepulauan.

Sesuai namanya, HIMPALA merupakan kumpulan mahasiswa yang hobi merawat dan bermain di alam, ada banyak sekali kegiatan yang pernah dilakukan oleh HIMPALA seperti misalnya bersih-bersih pantai, penanaman pohon mangrove, pendidikan latihan dasar cinta alam, memperingati hari bumi dan hari lingkungan hidup, pelatihan keorganisasian dan kepemimpinan, camping dan perlombaan lintas alam.

2. UKPM UNRIKA

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa atau UKPM UNRIKA merupakan organisasi yang bergerak di bidang pers. Organisasi ini cocok untuk kamu calon mahasiswa yang hobi menulis, membaca, atau memang ingin belajar menjadi jurnalis.

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa secara khusus bergerak dalam bidang penyampain informasi secara akurat dan independen, yang mana UKPM berorientasi pada profesi kejurnalistikan, dengan sifat dasar berpegang teguh pada tegaknya kebenaran, keadilan dan penyampaian informasi secara utuh diikuti dengan keseimbangan informasi.

Layaknya wartawan yang bekerja di bidang jurnalistik, mahasiswa yang tergabung di UKPM juga cenderung aktif sebagai jurnalis dikampus, biasanya para jurnalis kampus akan meliput seluruh kegiatan BEM dan kegiatan lainnya yang ada dikampus untuk dijadikan berita yang diikuti dengan keseimbangan informasi dan unsur 5W1H sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Visi dan Misi UKPM:

VISI:

Menghidupkan dan menjadikan anggota UKPM sebagai mahasiswa bermartabat, berkualitas, berdikari, bermanfaat bagi Kampus dan menjadikan UKPM sebagai wadah informasi kegiatan mahasiswa baik informasi dalam kampus, maupun luar kampus.

MISI:

1. Mempersatukan seluruh komponen organisasi mahasiswa Universitas Riau Kepulauan

2. Mempererat kebersamaan dan rasa kekeluargaan antar anggota Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Unrika.

3. Mengadakan pembinaan untuk para pengurus dan anggota dalam sistem kinerja dan manajemen Organisasi yang termotivasi, transparan, tertata dan disiplin.

4. Menempatkan posisi anggota sesuai dengan potensi dan bakatnya masing-masing untuk berkarya dalam setiap badan sesuai dengan visi UKPM

5. Menjalankan fungsi organisasi dan badan otonom organisasi dengan efektif dan efisien.

6. Mengadakan kelas jurnalistik bagi anggota UKPM dan pengenalan tentang jurnalistik kepada mahasiswa.

3. PIK GENRE UNRIKA

PIK (Pusat Informasi dan Konseling) kegiatan program Generasi Berencana (GENRE) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

PIK GENRE merupakan sebuah wadah yang berisikan ilmu kesehatan bagi remaja dan ilmu tentang HIV Aids, Kesehatan reproduksi, dan dampak pergaulan bebas.

PIK GENRE berisikan kegiatan dari program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja). Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling mengenai kesehatan reproduksi dan juga tentang perencanaan kehidupan berkeluarga serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya bagi usia remaja.

Karena memang di masa remaja, ada banyak sekali isu atau problematika yang muncul dikalangan masyarakat sesuai dengan perkembangan zaman.

Ada banyak sekali kegiatan sosialisasi atau seminar yang dilakukan oleh PIK GENRE UNRIKA dengan berbagai tema tentang kesehatan remaja.

Visi dan Misi PIK GENRE UNRIKA:

VISI:

Menjadikan PIK-GENRE UNRIKA Batam sebagai wadah untuk menciptakan remaja yang sehat, cerdas, dan dinamis dalam membangun karakter bangsa. 

MISI:

a.  Memberikan penyuluhan kepada remaja tentang masalah terkini.

b.  Mengasah keterampilan melalui program life skills.

c. Sebagai pusat komunikasi, informasi, dan edukasi serta konseling bagi remaja.

4. LDK UNRIKA

Lembaga Dakwah Kampus atau dikenal dengan LDK adalah organisasi kemahasiswaan yang ditujukan sebagai persatuan bagi mahasiswa muslim dan sebagai media dakwah Islam, sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia memiliki cabang LDK.

Dalam hal ini, kedudukan mahasiswa adalah sangat strategis dalam mengambil peran yang menentukan keadaan masyarakat pada masa depan dimana perubahan masyarakat ke arah Islam terjadi apabila pemikiran Islam telah tertanam di masyarakat itu.

Dengan berbagai potensi strategis kampus, maka tertanamnya pemikiran Islam di dalam kampus melalui dakwah Islam diharapkan dapat menyebar secara efektif ke tengah-tengah masyarakat.

Selain itu banyak pula agenda dan kegiatan yang dilakukan oleh LDK UNRIKA yang mana diantaranya adalah yasinan, shalat berjamaah, kunjungan dan santunan kepada anak yatim, seminar kemuslimahan dan ramadhan di Kampus.

5. PMK UNRIKA

PMK adalah sebuah wadah organisasi bagi mahasiswa-mahasiswi Kristen untuk berkumpul, bersekutu, dan bertumbuh secara rohani bersama saudara seiman.

Dalam hal ini peran mahasiswa Kristen yang bergabung dengan PMK tidak menjadi orang percaya dengan memilih hidup mudah dan sederhana atau easy believism atau simple belief. Tidak anti demonstrasi tetapi mengedepankan demokrasi damai. Menghadirkan damai dengan cinta kasih, menggunakan pengetahuan dalam berfikir dan kepandaiannya dengan bijak kerohanian.

Persekutuan Mahasiswa Kristen atau PMK ialah suatu wadah pelayanan bagi para mahasiswa Kristen yang rindu untuk berkumpul dan bersekutu di organisasi ini.

Persekutuan ini bertujuan untuk mempererat persaudaraan mahasiswa Kristen sehingga dapat tumbuh bersama-sama menjadi mahasiswa dan alumni profesional diikuti dengan rohani yang suci yang dapat menjadi terang di lingkungan masyarakat, gereja, dan bangsanya.

Kegiatan tahunan yang sering dilaksanakan oleh PMK adalah Natal, Paskah, Makrab, dan Regenerasi.

Itulah beberapa organisasi atau UKM yang ada di Universitas Riau Kepulauan yang bisa kamu pilih ketika bergabung dengan keluarga besar Unrika, untuk kamu calon mahasiswa/i bisa memilih salahsatunya sesuai minat dan bakat kamu saat bergabung bersama keluarga besar Unrika.

Amsakar Achmad, Wakil Wali Kota Batam

"Unrika telah mencetak banyak pemimpin, menjadi seseorang yang bermanfaat bagi masyarakat. Terutama mahasiswa Unrika harus menjadi organisator yang memiliki kriteria pemimpin di masa depan"

Muhammad Rudi, Wali Kota Batam

"Unrika akan menjadi sampel university dan dengan kerja keras ini diharapkan akan bisa menjadi generasi emas. Harapannya bisa mewarnai dikancah internasional"

Penulis : Jamaluddin (Wakil Ketua BEM UNRIKA)

Editor : Js