Header Ads Widget

Danrem 033/WP Ikuti Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI yang Dipimpin Oleh Presiden Jokowi

Foto : Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, S.Hub.,Int. saat mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI secara virtual. (dok/Penrem 033/WP)

Tanjungpinang, jejaksiber.com - Komandan Korem (Danrem) 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI secara Virtual, di Gedung Daerah Tanjung Pinang, Jl. Hang Tuah No.1, Selasa (5/10/21).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara, yang diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta dan Kolonel Inf. Tunjung Setyabudi bertindak sebagai Komandan Upacara.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sampai saat ini Indonesia masih dalam bayang-bayang pandemi Covid-19. Keberhasilan dalam menangani pandemi Covid-19 tidak terlepas dari peran besar TNI.

"TNI yang selalu menunjukan profesionalisme di setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tekhnologi termasuk Alutsista telah digunakan dan digerakkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan," ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga meminta agar kesigapan TNI selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas, seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman cyber dan ancaman biologi termasuk juga ancaman bencana alam.

"Menghadapi ancaman spektrum yang semakin luas, transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan untuk meletakan pondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan moderen yang relevan dengan perkembangan tekhnologi militer terkini, sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan dilingkungan strategis regional maupun global," tutur Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia itu juga menekankan agar penguatan budaya strategis prajurit dan Perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama.

"Transformasi pertahanan yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang intensif aktif," pungkasnya.

Usai mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI, acara dilanjutkan dengan Ramah Tamah dan foto bersama. (Js)