Header Ads Widget

Warga Keluhkan Kabel Listrik Tegangan Tinggi Tanpa Tiang

Foto : Kabel listrik tegangan tinggi menggunakan tidak yang tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan (atas), Kantor PLN Bagansiapiapi (bawah). (dok/Hdk)

Rohil, jejaksiber.com - Keberadaan kabel listrik dengan tegangan tinggi tanpa tiang dari pihak PLN tampak ditopang oleh sebatang kayu kecil di jalan Teluk Gong 2, Kepenghuluan Sungai Nyamuk, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Berdasarkan pantauan Wartawan di lokasi, Jum'at siang (21/1/2022) terlihat kondisi kabel yang tidak menggunakan tiang sebagaimana layaknya.

Bahkan tidak menggunakan tiang sama sekali, hal ini tentunya di sinyalir akan berdampak kurang baik terhadap aktivitas warga sekitar.

Dugaan sementara, minimnya perhatian maupun  tindakan dari pihak PLN Bagansiapiapi, sehingga persoalan tersebut tak bisa diperhatikan.

Sementara Itu, salah seorang warga mengatakan bahwa keadaaan sedemikian sudah di alami warga bertahun-tahun lamanya, bahkan warga juga pernah merasakan ketidakstabilan arus listrik, kala itu.

"Untuk itu, kami meminta kepada pihak terkait agar bisa memberikan kelayakan terhadap warga setempat," demikian kata warga sekitar saat ditemui Wartawan di lokasi Jum'at siang.

Selanjutnya, guna mendapatkan kejelasan terkait hal tersebut, Wartawan mendatangi kantor PLN Jum'at sore untuk mendapatkan informasi mengenai kabel listrik tanpa tiang itu.

Indra, yang merupakan pihak PLN Bagansiapiapi, dirinya membenarkan bahwa adanya persoalan tersebut, untuk itu, pihaknya memasukan 4 batang tiang listrik di lokasi tersebut guna mengatasi persoalan itu.

Namun, jika di persoalkan terkait dengan kabel-kabel yang masih tertumpang di perumahan warga,  bahkan beberapa diantaranya tidak menggunakan tiang sama sekali.

Indra menjelaskan, tidak ada dampak buruk terhadap kabel yang bertumpangan di perumahan warga, dirinya bisa memastikan, "Selagi masih masuk dalam perhitungan, tentunya tidak akan berdampak yang buruk terhadap warga terkait hal tersebut," kata Indra.

Sementara itu, terkait tiang yang beberapa diantaranya menggunakan tiang kayu, bahkan yang tidak menggunakan tiang sama sekali, "Hal ini tentunya ada suatu kesepakatan antara pihak PLN dengan warga waktu itu, sehingga petugas kita bisa menyalurkan arus di lokasi tersebut," jelas Indra kepada awak media ini saat ditemui di ruang kerjanya.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak PLN Bagansiapiapi, belum bisa memastikan, apakah persoalan tersebut bisa diatasi secara maksimal atau tidak.

Penulis : Handoko

Editor : Js