Header Ads Widget

Panglima TNI Kukuhkan KRI Teluk Wondama-527 di Sorong Papua Barat Daya

Foto : Panglima TNI Kukuhkan KRI Teluk Wondama-527 di Sorong Papua Barat Daya. (dok/ist)

Sorong, JejakSiber.com - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. mengukuhkan KRI Teluk Wondama-527, Rabu (11/1/23) bertempat di Dermaga pelabuhan Armada III Katapop, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Pengukuhan KRI Teluk Wondama-527 disaksikan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Prabowo, Kasad, Kasal, serta rombongan Panglima TNI ditengah kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri ke Papua dan Papua Barat Daya tepatnya di Kota dan Kabupaten Sorong.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memberikan sambutannya mengatakan, keberadaan KRI Teluk Wondama-527, untuk memperkuat jajaran TNI Angkatan Laut khususnya di Koarmada III.

"Nama KRI Teluk Wondama diambil dari nama teluk yang terletak di Papua Barat. Penamaan ini sekaligus merupakan perwujudan kecintaan TNI pada bumi Papua," kata Yudo Margono.

Dikatakan Yudo Margono yang pernah menjabat Danlanal Sorong bahwa kapal tersebut dirancang untuk melaksanakan tugas sebagai pengangkut pasukan mendarat lengkap dengan kendaraan amfibi dan peralatan tempurnya.

"KRI Teluk Wondama-527 memiliki panjang 117 meter dan lebar 16'4 meter serta mampu membawa 10 unit main battle tank kelas leopard 2A4 atau 15 unit BMP-3F," jelas Panglima TNI.

Lebih lanjut disampaikan Panglima TNI, KRI Teluk Wondama-527 juga dapat digunakan untuk patroli keamanan laut, dukungan angkutan laut serpa dan serlog, operasi bakti SAR dan kapal suplai.

"KRI Teluk Wondama-527 merupakan kapal perang jenis landing ship tank(LST) yang dipesan oleh TNI Angkatan Laut kepada galangan kapal PT Bandar Abadi Kota Batam pada tahun 2019 dan diluncurkan pada 27 Oktober 2022. KRI Teluk Wondama memiliki ABK kurang lebih 600 orang," ujarnya.

Ditempat terpisah, Pangkoarmada III, Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP,M.Tr.Opsla menyampaikan ucapan terima kasih kepada panglima TNI atas perhatian pada pembangunan sarana dan prasarana di koarmada III, serta rencana penambahan unsur unsur KRI untuk memperkuat jajaran Koarmada III dalam mengamankan wilayah timur indonesia.

Dalam kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri didampingi istri, bersama rombongan di Sorong Papua Barat Daya, berbagai kegiatan telah dilaksanakan diantaranya, kegiatan komunikasi sosial (komsos) bersama tokoh agama dan Forkopimda se - Provinsi Papua Barat Daya bertemoat di Swess Bell Hotel Kota Sorong.

Kunjungan kerja bakti Panglima TNI dan Kapolri ke Sorong Papua Barat Daya mengikutsertakan puluhan jenderal berbintang tiga, dua dan jenderal bintang satu. (Jos)

Editor : Js