Header Ads Widget

Waspada, BMKG Sampaikan Prakiraan Cuaca Awal Maret di Wilayah Kepri

Foto : Prakiraan cuaca ekstrem di Wilayah Provinsi Kepri. (dok/ist/ss)

Batam, JejakSiber.com - Di penghujung bulan Februari 2023, kondisi cuaca di Kota Batam sulit diprediksi. Hujan lebat disertai angin kencang membuat masyarakat sedikit terhambat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Ditengah derasnya hujan yang mengguyur Kota Batam seharian secara menyeluruh, beredar informasi seputar prakiraan cuaca di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Informasi itu diteruskan oleh warga berupa pesan singkat di beberapa grup WhatsApp, Selasa (28/2/23).

Dalam pesan singkat itu, disebutkan bahwa pada hari Rabu tanggal 01 Maret 2023 secara umum kondisi cuaca di wilayah Kepri diperkirakan hujan dengan intensitas ringan-sedang yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Disampaikan juga bahwa meningkatnya pertumbuhan awan hujan di wilayah Kepri itu disebabkan oleh Sirkulasi Siklonik terpantau di Kalimantan Barat sehingga membentuk daerah belokan angin.

Disamping peringatan waspada terhadap potensi hujan lebat dan banjir serta potensi angin kencang di seluruh wilayah Kepri. Potensi gelombang laut juga diperkirakan dapat mencapai ketinggian mulai dari 1,5 hingga 5 meter.

Berikut pesan singkat yang diperoleh redaksi ini melalui WhatsApp grup dengan disertai link website Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG);

*Dengan hormat, berikut kami sampaikan narasi prakiraan cuaca esok hari, Rabu, 01 Maret 2023:*

Sirkulasi Siklonik terpantau di Kalimantan Barat sehingga membentuk daerah belokan angin yang menyebabkan meningkatnya pertumbuhan awan hujan di wilayah Kepulauan Riau. Secara umum kondisi cuaca Kepulauan Riau esok diprakirakan hujan dengan intensitas ringan-sedang yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang. 

*WARNING!!!*

1. Waspada potensi hujan lebat dan banjir di seluruh wilayah Kep. Riau;

2. Waspada potensi angin kencang di seluruh wilayah Kep. Riau;

3. Waspada potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian:

a)  1.5 meter di wilayah Perairan Batam dan Karimun;

b)  2.5 meter di wilayah Perairan Lingga;

c)  3,5 meter di wilayah Perairan Bintan;

d)  5,0 meter di wilayah Perairan Anambas dan Natuna.

Forecaster On Duty,

Riska M. Manurung

http://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-indonesia.bmkg?Prov=18&NamaProv=Kepulauan%20Riau

Berdasarkan informasi di atas, dihimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah Provinsi Kepri agar tetap waspada dengan cuaca yang diperkirakan ekstrem memasuki bulan Maret 2023 ini. (Js)

Editor : Red