Header Ads Widget

Masyarakat Lubuk Baja Antusias Ikuti Acara Karnaval Pentas Budaya

Foto : Masyarakat Lubuk Baja Antusias Ikuti Acara Karnaval Pentas Budaya. (dok/Js/ist)

Batam, JejakSiber.com - Dalam rangka kemeriahan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun, masyarakat Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam terlihat antusias mengikuti pawai karnaval pentas budaya, Sabtu (9/9/23).

Acara tersebut dipadati oleh warga yang terdiri dari kategori pelajar tingkat TK/PAUD, SD, SMP, SMA, dan Umum/Paguyuban berkisar 7 ribu lebih peserta, mulai dari simpang lampu merah Martabak Har, Nagoya hingga berakhir di Komplek Nagoya Thamrin City.

Rangkaian acara itu juga dipadurasi dengan kegiatan Kementerian Agama Kota Batam untuk meningkatkan toleransi beragama dengan sekaligus dalam rangka launching Kampung Moderasi Beragam Kecamatan Lubuk Baja.

Berdasarkan pantauan awak media ini di lokasi, toleransi beragama sepanjang acara terasa sangat kuat, hal itu terlihat dari peserta yang hadir, disamping para Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dari seluruh Agama yang diakui di Indonesia tampak hadir.

Kristina Sinurat, salah satu warga Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja mengaku senang dan bangga dengan adanya acara tersebut, menurutnya kegiatan seperti itu dapat lebih mempererat tali persatuan dan kesatuan di tengah tengah kalangan masyarakat.

"Saya membawa anak saya bersama 3 keponakan saya untuk mengikuti karnaval ini dari sekolah mereka, 2 keponakan saya menggunakan pakaian adat Batak Toba dan anak saya sendiri menggunakan pakaian adat Melayu, dengan kegiatan seperti ini tentunya dapat menanamkan kecintaan terhadap perbedaan yang ada di negara kita ini sejak dini," kata Kristina saat dimintai tanggapan oleh awak media ini.

Foto : Camat Lubuk Baja, Ade Sofiyan, S.STP., M.H. (kiri). (dok/Js/ist)

Ditengah tengah berlangsungnya kegiatan, Camat Lubuk Baja, Ade Sofiyan, S.STP., M.H. menegaskan bahwa sejatinya perbedaan dapat dijadikan sebagai upaya mempersatukan.

"Semoga inspirasi yang berbeda-beda ini membuat kita tetap satu, mulailah kita untuk berfikir positif, berbaik hati, hilangkan semua isu isu hoaks yang belum tentu benar, maka dari itu, semua informasi yang tidak benar, mari kita duduk bersama," ujar Ade Sofiyan saat diwawancarai awak media ini.

Camat Lubuk Baja yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat Dewan itu juga menambahkan, "Banyak hal yang bisa disampaikan dalam spektrum yang beraneka ragam ini, kita mulailah dengan langkah yang sama, visi misi yang sama, apalagi Kota Batam begitu cepat berkembang," pinta pria kelahiran Belakang Padang itu.

Meskipun cuaca terlihat sedikit mendung, bahkan di akhir kegiatan turun hujan, tampaknya tidak menyurutkan semangat warga untuk mengikuti acara itu hingga berakhir. (Js)

Editor : Red