Header Ads Widget

Buaya Masuk Pemukiman Warga, Iptu Donald Tambunan : "Kami Akan Berupaya Melakukan Penangkapan"

Foto : Kapolsek Sagulung, Iptu Donald Tambunan, S.H. (dok/ist)

Batam, JejakSiber.com – Didampingi Kapolsek Sagulung, Iptu Donald Tambunan, Wakapolresta Barelang, AKBP Syafrudin Semidang Sakti menanggapi dan menindaklanjuti curhat tokoh masyarakat Kecamatan Sagulung, Kota Batam dengan mendengarkan langsung curhat dari masyarakat Sagulung bertempat di Aula Kantor Camat Sagulung, Kota Batam, Jumat (19/4/24).

Dalam sambutannya, Kapolsek Sagulung mengucapkan terima kasih kepada Wakapolresta Barelang serta para Tokoh yang hadir dalam kegiatan tersebut.

"Saya ucapkan selamat datang di Kecamatan Sagulung. Pada kesempatan ini, kami laporkan kepada Bapak Wakapolresta Barelang terkait situasi Kamtibmas di wilayah Sagulung pada umumnya aman dan kondusif," kata Iptu Donald Tambunan.

Donald Tambunan memaparkan bahwa beberapa hari belakangan ada 2 berita viral di medsos yang sama sama di wilayah Sagulung, yaitu masalah buaya yang masuk ke pemukiman warga dan masalah truk pengangkut tanah yang berserakan dijalan.

"Terhadap permasalahan buaya, kami Polsek Sagulung dan Kecamatan serta KSDA sudah melakukan koordinasi, dan tadi malam kami sama sama ingin melakukan penangkapan buaya tersebut tetapi belum berhasil dan nanti malam kami akan berupaya kembali," ujar Kapolsek Sagulung itu.

Sedangkan terkait truk pengangkat tanah, Iptu Donald Tambunan menyebutkan bahwa pihaknya dari Polsek Sagulung dan pihak Kecamatan sudah menghentikan pengerjaan tersebut dan memanggil pihak pengembangnya untuk membersihkan jalan yang kotor akibat pengangkutan tanah tersebut.

"Kemudian terkait Jum'at curhat ini, kami mempersilahkan warga untuk menyampaikan keluhan atau masalah yang terjadi di dalam masyarakat," ucap Iptu Donald Tambunan.

Iptu Donald Tambunan menjelaskan bahwa kegiatan Jum'at Curhat Kamtibmas dilaksanakan secara rutin dan setiap minggunya diadakan di lokasi berbeda dengan tujuan mempererat silaturahmi Polri dengan masyarakat serta mendengarkan langsung keluhan masyarakat dan menindaklanjuti keluhan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Wakapolresta Barelang mengatakan, kehadiran pihak Polresta Barelang dalam kegiatan Jum'at Curhat Kamtibmas bersama masyarakat Kecamatan Sagulung itu sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Sagulung dengan tujuan bahwa kegiatan tersebut adalah mendengarkan langsung keluhan masyarakat serta langsung menanggapi dan merespon keluhan masyarakat.

Wakapolresta Barelang menuturkan bahwa Jum'at Curhat adalah program Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk dilaksanakan di seluruh wilayah yang bertujuan untuk menerima saran dan mengetahui permasalahan yang dialami warga masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan program Bapak Kapolri dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia untuk mencari permasalahan yang ada di wilayah Kelurahan ataupun di lingkungan RT dan RW, dan bisa langsung menyampaikan kepada kita, juga bisa menghubungi saya langsung ke nomor (085243888007) ataupun ke Kapolsek Sagulung Kota Batam," ujar AKBP Syafrudin Semidang Sakti.

Terkait masalah buaya yang masuk ke pemukiman warga Sagulung, AKBP Syafrudin Semidang Sakti menekankan harus benar benar di atensi, "Jangan sampai nanti memakan korban jiwa, jika sudah ada buaya yang masuk ke pemukiman warga harus segera ditangkap dan di evakuasi, karena tugas kepolisian sudah jelas yaitu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," tegas Wakapolresta Barelang.

Menurut Wakapolresta Barelang, tingkat kriminalitas di Sagulung mungkin cukup tinggi khususnya curanmor, setiap hari ada pencurian motor, "Sehingga kita cari solusi bagaimana untuk penanganan dan pencegahannya, mungkin Pak Camat bisa di informasikan dan memberikan himbauan ke WhatsApp Grup warga agar jangan sembarangan memarkirkan sepeda motor dan mengunci ganda sepeda motor atau dengan membuat siskamling," pungkasnya.

Lebih lanjut Wakapolresta Barelang mengungkapkan bahwa kedepan agenda adalah Pilkada, ia menginginkan situasi yang aman sehingga situasi ekonomi tumbuh meningkat sehingga hidup lebih layak dan sama sama untuk mencegah perkelahian antar suku atau antar kampung dan jika ada keributan antar masyarakat dapat diselesaikan secara Restoratif Justice.

Selanjutnya, sesi curhat dan mendengarkan berbagai keluhan masyarakat di dengar langsung oleh Wakapolresta Barelang, salah satunya terkait adanya balap liar di wilayah Sei Lekop, kemudian terkait permaslahan anak yang putus sekolah.

"Saya menginginkan agar setiap RW dibuat pertemuan untuk sosialisasi atau pencegahan anak anak yang putus sekolah tersebut dapat dibina dan tidak terlibat dalam pencandu atau pengedar narkoba," ucap Wakapolresta Barelang.

Di akhir pemaparannya, AKBP Syafrudin Semidang Sakti menuturkan, Kapolresta Barelang, Kapolsek dan para Bhabinkamtibmas telah memberikan nomor WhatsApp, "Jika ada permasalahan di luar curhat kamtibmas ini silahkan menghubungi kami dan sampaikan apa yang menjadi permasalahannya, pasti akan ditindak lanjuti 24 jam," tutup Wakapolresta Barelang.

Usai pelaksanaan sesi curhat kemudian dilaksanakan pembagian tali asih Kapolresta Barelang kepada masyarakat sekitar Polsek Sagulung Kota Batam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolresta Barelang, AKBP Syafrudin Semidang Sakti, PJU Polresta Barelang, Kasihumas Polresta Barelang, AKP Tigor Sidabariba, Kapolsek Sagulung, Iptu Donald Tambunan, Wakasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Theotio Nardiyanto, Wakasat Intel Polresta Barelang, AKP Afrizal, dan Wakasat Binmas Polresta Barelang, Iptu Surono.

Turut hadir juga Camat Sagulung, M. Hafiz, Sekcam Sagulung, Yanuar Pribadi, Lurah Se-Kecamatan Sagulung, Ketua LPM Se-Kecamatan Sagulung, FKTW Kecamatan Sagulung, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama Kecamatan Sagulung, serta Ibu-Ibu PKK Kecamatan Sagulung. (Js)

Editor : Red