Header Ads Widget

Peringatan Mayday 2024 di Kota Batam Berjalan Aman dan Kondusif

Foto : Kapolresta Barelang, Kombes Pol Dr. Nugroho Tri Nuryanto, S.I.K., M.H. bersama Dandim 0316/Batam, Kolonel Inf. Rooy Chandra Sihombing, S.IP. saat melakukan pengamanan terhadap aksi buruh dalam memperingati Hari Buruh Tahun 2024 di Kota Batam. (dok/ist)

Batam, JejakSiber.com – Peringatan hari buruh Tahun 2024 di Kota Batam berjalan aman dan kondusif, Kapolresta Barelang, Kombes Pol Dr. Nugroho Tri Nuryanto, S.I.K., M.H. mendampingi Kapolda Kepulauan Riau, Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H. saat menggelar silaturahmi dan syukuran bersama para buruh yang ada di Kota Batam bertempat di Temenggung Abdul Jamal, Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam, Rabu (1/5/24).

Dalam kegiatan itu, Kapolda Kepri bersama massa buruh Koalisi Rakyat Batam melaksanakan pemotongan tumpeng.

Dalam sambutannya, Kapolda Kepri mengucapkan terima kasih atas tertibnya peringatan hari buruh di Kota Batam, "Kita bisa saling berinteraksi untuk menyampaikan harapan dan keinginan saudara kita, akan kita sampaikan dan itu merupakan keputusan pemerintah, semoga rekan rekan kembali kerumah dalam keadaan sehat walafiat, yang penting semua berjalan dengan aman, nyaman, damai, dan kondusif, itu yang terpenting bagi kepolisian dan bagi masyarakat batam dan kepri," kata Yan Fitri.

Selain itu, Kapolresta Barelang juga memimpin pengamanan aksi unjuk rasa oleh Koalisi Rakyat Batam dalam rangka peringatan mayday tahun 2024 di Kota Batam bertempat di Kantor Walikota Batam.

Aksi buruh tersebut disambut baik oleh Kapolresta Barelang, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Dandim 0316/Batam, Kolonel Inf. Rooy Chandra Sihombing, S.IP., Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid, Kepala Satpol PP, Imam Tohari, Kadisnaker, Rudi Sukyakirti, S.H., M.H. serta PJU Polresta Barelang.

Adapun tuntutan aksi oleh Koalisi Rakyat Batam itu yakni Mencabut Omnibus Law UU No. 6 Cipta Kerja, Menghapus Out Sourcing Tolak Upah Murah, Perlindungan K3, dan Menolak PPH 21 yang Meberatkan.

Sebelum melaksanakan pengamanan, Kapolresta Barelang memimpin apel kesiapan pengamanan aksi unjuk rasa dan menyampaikan petunjuk serta arahan yang harus di ikuti, dipatuhi oleh setiap anggota gabungan TNI-Polri dan Sat Pol PP dalam melaksanakan pengamanan yang humanis sesuai SOP.

Massa aksi dari Koalisi Rakyat Batam sebanyak 1000 hadir di Kantor Wali Kota Batam menyampaikan aspirasi dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional.

"Kami juga melakukan aksi serentak diseluruh Indonesia untuk menunjukan bahwa kita adalah buruh yang tangguh yang memperjuangkan para buruh untuk semakin sejahtera, saya sangat berterima kasih kepada Wali Kota Batam, Ketua DPRD Kota Batam, dan Kapolresta Barelang yang langsung menyambut kami di halaman Kantor Wali Kota Batam, tidak sia sia di hari perjuangan kemerdekaan kami pada hari ini untuk turun ke jalan melakukan orasi," ujar Koordinator aksi.

Selanjutnya, dilaksanakan syukuran dan Doa bersama dan pemotongan 2 tumpeng dalam memperingati Mayday Tahun 2024 di Kota Batam dengan FKPD Kota Batam yang disediakan oleh Pemko Batam.

Pada kesempatan itu, Rudi mengatakan, "Saya sebagai Wali Kota Batam akan menyelesaikan semua apa yang kalian sampaikan, tidak perlu khawatir, kalau kalian berbahagia pasti saya sangat senang sekali, tahun depan saya berjanji akan mengadakan hari May Day di hotel agar para pekerja buruh tidak melakukan orasi di jalanan lagi," kata Rudi.

Rudi menginginkan masyarakat Kota Batam sejahtera dengan adanya pembangunan pembangunan yang lagi berproses di Kota Batam.

"Jalanan, bandara dan pelabuhan batu ampar juga akan selesai. Saya meminta jaga perekonomian kita, jaga lingkungan kita agar masyarakat Batam semakin sejahtera, investasi mudah, perekonomian pasti bangkit, ujar Wali Kota Batam.

Sementara itu, Kapolresta Barelang mengucapkan terima kasih kepada para buruh yang sedang melaksanakan aksi damai, "Kami berharap dari Kepolisian, semuanya bisa melaksanakan kegiatan ini dengan situasi aman dan kondusif, semua ini untuk Kota Batam yang kita cintai ini, semoga buruh di Kota Batam semakin maju dan sejahtera," ucap Nugroho.

Kegiatan syukuran MayDay 2024 di Kota Batam dihadiri oleh Kapolda Kepulauan Riau, Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., PJU Polda Kepri, Kapolresta Barelang, Kombes Pol Dr. Nugroho Tri Nuryanto, S.I.K, M.H., Wakapolresta Barelang, Syafrudin Semidang Sakti, S.I.K., M.H., Ketua KC FSPMI Kota Batam, Yapet Ramon, Sekretaris DPW FSPMI Kepri, Masrial, PJU Polresta Barelang, serta massa buruh Koalisi Rakyat Batam. (*)

Editor : Js