Header Ads Widget

Atasi Ketersediaan Stok di PMI, Lantamal XIV Gelar Aksi Donor Darah

Foto : Lantamal XIV menggelar donor darah di tengah pandemi Covid-19. (dok)

Sorong, jejaksiber.com - Ketersediaan darah di gudang Palang Merah Indonesia (PMI) Sorong semakin menipis, menanggapi hal itu, TNI Angkatan Laut menggelar kegiatan donor darah di gedung serba guna Lantamal XIV Sorong, Kamis (23/9/21).

Dari pantauan awak media ini, kendati masih suasana Pandemi Covid-19, antusias masyarakat sangat tinggi untuk bakti sosial menyumbangkan darahnya ke pihak PMI.

Saat berbincang-bincang dengan awak media, Danlantamal XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani saat melakukan peninjauan kegiatan donor darah yang didampingi para pejabat tinggi di jajaran Lantamal XIV Sorong itu mengatakan bahwa Lantamal XIV Sorong yang menyelenggarakan kegiatan donor darah ini dalam rangka memperingati HUT ke-76 TNI AL pada 5 Oktober 2021 mendatang.

Danlantamal XIV Sorong menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan bentuk keperulian TNI-AL terhadap kesehatan prajurit TNI-AL serta anggota masyarakat pendonor, karena mengingat ketersediaan stok darah di gudang Palang Merah Indonesia (PMI) sudah menipis.

"Giat donor darah ini merupakan bakti sosial untuk membantu dan menyelamatkan saudara-saudara kita yang memerlukan, dan bisa tertolong karena stok darah selalu tersedia," kata Jenderal TNI AL bintang satu itu.

Dari hasil kegiatan donor darah itu, ditargetkan bisa 300 orang yang bisa mendonorkan darahnya, donor darah tersebut tidak hanya dilakukan oleh prajurit TNI AL, melainkan melibatkan unsur TNI-AD, Polres Kota Sorong, Polairud, KSOP, Poltekpel dan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS).

Selama kegiatan donor darah berlangsung, para peserta dan tenaga medis tetap memperhatikan prokes, terlebih dahulu dilakukan pengecekan tensi terhadap pendonor, mencuci tangan dan menjaga jarak. (Jos)