Header Ads Widget

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga Dialog Bersama FKUB Simalungun

Foto : Foto bersama usai melaksanakan dialog keagamaan. (dok)

Simalungun, jejaksiber.com - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri dialog yang diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Sabtu (23/10/21), di Gedung MUI, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Sumatera Utara.

Radiapoh menyampaikan bahwa kerukunan antara umat beragama harus dibina secara baik dan terus menerus meskipun ada perbedaan, namun diharapkan perbedaan tersebut menjadi keindahan, ibarat lukisan yang indah bukan karena warna putih tapi harus ada warna lain.

"Oleh karena itu, keberhasilan kebersamaan merupakan nilai luhur dalam kebhinekaan, dan kegiatan ini menjadi wadah buat antar umat beragama supaya toleransi, harmonisasi antar umat tetap terjaga, dan kita berharap FKUB menjadi garda terdepan untuk menjaga, merawat kebhinekaan supaya harmonisasi antar umat beragama di Simalungun ini tetap terjaga dengan baik," kata Bupati Simalungun itu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mengusung tema “Peran Moderasi Beragama Dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama di Tanoh Habonaron Do Bona tahun 2021" yang menghadirkan nara sumber dari UIN Sumatera Utara Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, M.A. dan dari Polres Simalungun serta pemerhati mederasi beragama.

Sementara itu, Panitia Dialog FKUB Pandapotan Damanik menyampaikan bahwa kegiatan itu diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari BKAG, Tokoh Agama Islam, Kristen Protestan, Katholik, Buddah dan Hindu.

"Mari kita jadikan kegiatan ini menjadi pilar kerukunan dan kedamaian antara ummat beragama di atas pondasi Habonaron Do Bona Simalungun," ujar Pandapotan Damanik.

Sebelumnya, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani juga menyampaikan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan ini, ia mengatakan bahwa selain kerukunan internal diantara umat, yang perlu dibina, kerukunan antara umat beragama, kemudian kerukunan umat dengan pemerintah.

"Dengan demikian semua program pembangunan bisa berlangsung dengan baik," pungkasnya.

Tampak dalam kesempatan tersebut, Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, Danrem 022/PT diwakili Ka. Bintal Lettu Inf Irwansyah, Kajari diwakili Ade Jaya Ismanto, perwakilan Ketua PN, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra Akmal H Siregar.

Turut hadir juga Kabag Kesra Daniel Silalahi, Camat Siantar Elyanto Purba, Kakan Kemenag Sakoanda Siregar, Ketua MUI Abdul Halim Lubis dan Ketua FKUB Pastor Angola Pk Purba, OFMCap.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan tetap menerapkan protocol kesehatan. (Surya Damanik)