Header Ads Widget

Ketua Dekranasda Simalungun Hadiri Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM

Foto : Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga saat menghadiri kegiatan yang di gelar Kementerian Koperasi dan UKM. (dok)

Toba, jejaksiber.com - Kementerian Koperasi UKM dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bersinergi untuk mengembangkan usaha kerajinan masyarakat di Destinasi Wisata Kabupaten Toba di Desa Wisata Meat, Kecamatan Tampahan, Sumatera Utara, Selasa (5/10/21).

Seremonial kegiatan sinergi antar Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Ny. Suzana Teten Masduki.

Pelaksanaan kegiatan itu turut didampingi Ketua Dekranasda Provsu Ny. Nawal Edy Rahmayadi, Ketua Dekranasda Kabupaten Toba Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus dan Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

"Manfaatkanlah era digital dalam pemasaran setiap usaha di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung kami yakin dengan upaya kerja keras dalam mengembangkan setiap usaha akan membuahkan hasil yang maksimal," kata Ny. Suzana Teten Masduki saat membuka pertemuan.

Rangkaian kegiatan seremonial sinergi antar kementerian tersebut diwarnai dengan penyerahan sejumlah KUR bagi sejumlah pengrajin tenun ulos, usaha kuliner, dan pelaku UMKM lainnya.

Dana bergulir dan BPUM oleh perbankan diantaranya Bank BRI, Bank Mandiri, Bank Sumut dan BNI.

Bupati Toba Poltak Sitorus, sangat mengapresiasi program kegiatan ini, "Semoga memberikan warna baru dalam pengembangan kerajinan untuk mendukung kepariwisataan Danau Toba, secara khususnya di Kabupaten Toba," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, disela-sela kegiatan tersebut menyempatkan diri berbincang-bincang dengan pengrajin tenun dan pengrajin lainnya yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ny. Leni Arnold Silaen (Sekretaris TP PKK Simalungun), Ny. Masta Saragih (Pokja II TP PKK Simalungun) dan Ny. Kartiem (Wakil Sekretaris TP PKK Simalungun). Rangkaian kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (Surya Damanik)