Header Ads Widget

Capai 2 Ribuan Suntikan Vaksinasi Covid-19, Kapolda dan Gubernur Apresiasi PMB Papua Barat

Foto : Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan saat memberikan sambutan dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 yang di gelar oleh Perkumpulan Masyarakat Batak.  (dok/Jos)

Sorong, jejaksiber.com - Perkumpulan Masyarakat Batak (PMB) Papua Barat selaku penggagas kegiatan vaksinasi Covid-19 yang berlangsung Sabtu,(6/11/2021) di Alun-alun Kota Baru Aimas, Kabupaten Sorong mencapai 2 ribu 30 suntikan dari berbagai kelompok usia, lansia, dewasa dan pelajar.

Vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Perkumpulan Masyarakat Batak (PMB) Papua Barat itu dipimpin oleh Ketua Umum Dolok Panjaitan dan dihadiri langsung oleh Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan dan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Provinsi Papua Barat memberikan sambutannya dengan mengapresiasi kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan organisasi sosial kemasyarakatan Perkumpulan Masyarakat Batak Papua Barat, karena sesuai laporan panitia bahwa jumlah peserta vaksinasi Covid-19 dari berbagai kelompok usia mencapai dua ribu orang lebih.

Dikatakan Gubernur bahwa kegiatan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan di dua daerah Kabupaten dan Kota Sorong merupakan jumlah terbanyak hingga mencapai dua ribu orang lebih.

"Luar biasa capaian jumlah vaksinasi kali ini. Jumlah yang terbanyak hingga mencapai dua ribu orang lebih dalam satu kali pelaksanaan," ujar Gubernur saat memberikan sambutannya.

Kesuksesan kegiatan vaksinasi Covid-19 tersebut, kata Gubernur tentu atas kerjasama semua pihak yang terlibat di dalamnya yaitu pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi maupun Daerah membangun sinergitas kerjasama yang baik antara panitia, para tim medis dan Polri dalam hal ini Polres Kabupaten Sorong serta animo masyarakat yang tinggi untuk di vaksin.

Menurut Gubernur, vaksinasi Covid-19 di wilayah Papua Barat capaiannya masih tergolong rendah, dan masih terus di genjot hingga bulan November capaian vaksinasi harus mencapai 50 persen.

Oleh sebab itu, diperlukan kerja keras semua pihak agar capaian vaksinasi bulan Desember 2021 nanti bisa mencapai 70 persen.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapda Papua Barat yang juga mengapresiasi kinerja panitia yang menghimbau masyarakat untuk melaksanakan vaksin.

"Saya selaku Kapolda Papua Barat menypaikan penghargaan kepada Kapolres Sorong dan jajarannya dan semua panitia yang sudah berupaya keras menghimbau warga untuk mensukseskan vaksinasi ini. Tak lupa juga kepada Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Kota dan Kabupaten Sorong yang telah mempersiapkan segala sesuatu untuk tindakan vaksin," imbuh Tornagogo Sihombing.

Menjawab apresiasi yang baik dari Gubernur Papua Barat dan Kapolda Papua Barat itu, Ketua Umum PMB Papua Barat kepada media ini mengatakan, adapun niat vaksinasi harus dilakukan, murni kegiatan kemanusiaan untuk membantu program pemerintah dalam hal vaksinasi Covid-19, karena kata Dolok Panjaitan, sejak adanya virus corona, pandemi Covid-19 di Indonesia sangat terasa kepada sendi-sendi perekonomian masyarakat.

"Kita tidak boleh tinggal diam, dalam hal Covid-19 ini, kita harus membantu pemerintah semampu kita. Maka dari itu PMB Papua Barat sudah dua kali melakukan vaksinasi ini, yang pertama di Manokwari dan yang kedua di Sorong, yaitu di dua daerah Kota dan Kabupaten Sorong. Kalau di Manokwari waktu itu kurang lebih 800 orang tervaksin. Sedangkan untuk Kota dan Kabupaten Sorong, ini yang terbanyak mencapai dua ribu orang lebih," terang Dolok Panjaitan.

Kunjungan Gubernur dan Kapolda dalam rangka kegiatan vaksinasi itu, ditandai dengan penyerahan bantuan rumah madani oleh Gubernur kepada kerukunan masyarakat Batak se - Papua Barat, kemudian penyerahan piagam oleh Gubernur kepada Ketua PMB Papua Barat, setelah itu penyerahan plakat sebagai ucapan terima kasih dari Ketua PMB kepada Gubernur dan Kapolda.

Pada kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan PMB Papua Barat tersebut, panitia menyediakan ribuan sembako dan ratusan hadiah menarik mulai dari hadiah doorprice hingga pada hadiah menarik lainnya seperti lemari es sebanyak 3 unit, kulkas, kipas angin dan hadiah yang lain.

Dan untuk hadiah utama, yaitu 1 unit sepeda motor merk Yamaha.

Pada kesempatan itu juga, panitia memperkenankan Gubernur dan Kapolda mencabut undian pertama sebelum penarikan undian lainnya.

Mengakhiri kunjungan Gubernur kegiatan vaksinasi di akhiri dengan peninjauan secara langsung pelaksanaan vaksinasi. (Jos)

Editor : Js