Header Ads Widget

Rencana Pembangunan Tugu Raja Sinurat Akan Dihadiri Marga Manurung

Foto : Rombongan marga Sinurat disambut oleh marga Manurung saat mengundang untuk menghadiri acara pembangunan Tugu Raja Sinurat yang akan diselenggarakan Minggu depan. (dok/Sinurat)

Toba, JejakSiber.com - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Punguan Sinurat dohot Boru se-Indonesia, bersama Panitia Pembangunan Tugu Raja Sinurat didampingi penetua Sinurat (Natuatua), mewakili Raja Tano, Raja Pagi dan Ompu Gumbok Nabolon, mengundang marga Manurung Ompu Niunggul selaku tulang, dan Manurung Guru Mandumpas selaku hula-hula di Huta Sionggang Tengah, Kamis (17/2/22).

Sekretaris Panitia Pendirian Tugu Sinurat, Parlinggoman Sinurat kepada media mengatakan, Rombongan Pomparan Raja Sinurat beserta para istri yang datang mengundang marga Manurung sebanyak 30 orang disambut dengan baik.

"Kami sangat gembira dan terharu saat tulang kami marga Manurung menerima kehadiran rombongan dengan penuh sukacita. Kami disambut oleh sekitar 35 orang Tulang kami Manurung bersama para nantulang kami dan Boru Manurung," kata Parlinggoman.

Rombongan Sinurat disambut langsung oleh Mangasa Manurung (Op. Aziz). Diawali dengan makan bersama yang berlangsung di halaman rumah Op. Diana Manurung.

Pada kesempatan tersebut, marga Manurung telah mempersiapkan dan menyerahkan ikan mas berukuran besar kepada rombongan Sinurat sebagai bentuk tradisi orang Batak memberikan makanan kepada pamoruon maupun bere nya.

"Kami sangat bahagia menerima ikan mas (dengke) dari Tulang. Kiranya dengke itu jadi pasupasu (berkat) bagi kami terlebih demi kelancaran seluruh rencana dan rangkaian acara pendirian Tugu Raja Sinurat," ujarnya.

Usai acara makan bersama selesai, dilanjutkan dengan acara formal untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan marga Sinurat ke rumah tulang nya marga Manurung.

Bilmar Sinurat Raja Tano yang didapuk jadi juru bicara (Raja Parhata) menyampaikan undangan kepada hula-hula dan tulang Manurung, bahwa Sinurat akan melakukan acara Peletakan Batu Pertama (batu Ojahan) Tugu Raja Sinurat pada hari Selasa (22/2/22) mendatang di Dolok Baringin Bonan Dolok, Desa Sinarsabungan, Kecamatan Bonatua Lunasi, Kabupaten Toba.

"Rencananya acara nanti akan dimulai dari pukul 9.00 WIB hingga selesai," tutur Bilmar.

Tulang Manurung yang diwakili Pomparan Ompu Tarubar sebagai Raja Parhata Belfrik Manurung, dengan rasa bangga dan terhormat berjanji akan menghadiri undangan dari marga Sinurat pada acara Peletakan Batu Pertama Tugu Raja Sinurat dengan mengajak semua Pomparan (keturunan) tulang Op. Niunggul dan Hula-hula Manurung Op. Mandumpas.

Indahnya budaya Batak yang saling menghargai, penuh rasa kekeluargaan, saling menyayangi dan menghormati na marhulahula-boru. (Js)

Editor : Red