Header Ads Widget

Usai Konfirmasi Terkait Kerusakan Alat Cetak KTP, Diduga Sekretaris Disdukcapil Rohil Blokir Nomor Wartawan - Ada Apa?

Foto : Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hilir. (dok/Js)

Rohil, JejakSiber.com - Kerusakan alat pencetak E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau hingga saat ini masih dalam proses perbaikan, tentunya hal ini sangat berdampak terhadap warga masyarakat yang ingin mengurus dokumen Kependudukan.

Sebelumnya, diberitakan bahwa alat cetak KTP di Disdukcapil Rohil mengalami kerusakan, "Alat Cetak KTP Rusak, Pelayanan Terhadap Masyarakat di Disdukcapil Rohil Terbengkalai" https://www.jejaksiber.com/2022/02/alat-cetak-ktp-rusak-pelayanan-terhadap.html

Berdasarkan penjelasan dari Safriadi selaku Sekertaris Disdukcapil Rohil, kerusakan alat pencetak E-KTP tersebut masih bergulir hingga hari ini, Kamis (10/2/22).

Hal itu disampaikan oleh Safriadi saat awak media ini meminta keterangan apakah alat cetak KTP di Disdukcapil Rohil sudah berfungsi atau belum.

"blm bg lg dibawa kpkn servernya utk diinstal dibntu pihak disduk propinsi," kata Safriadi kepada awak media ini melalui pesan WhatsApp pribadinya, Kamis (10/2/22) pukul 12.12 WIB.

Selanjutnya, awak media mempertanyakan kapan kira-kira alat tersebut dapat berfungsi kembali, lalu Sekretaris Disdukcapil itu mengatakan bahwa diperkirakan minggu depan alat cetak KTP tersebut sudah dapat berjalan normal kembali.

"Insya Allah mnggu ini alatnya siap dan mggu dpn bisa berjln normal bntu doanya. Skrg tinggal menginstal kmbli progam nya ke server yg baru lg," ujar Sekertaris Disdukcapil itu mengakhiri percakapannya dengan awak media ini.

Namun, sangat disesalkan, usai menjawab konfirmasi terkait kerusakan alat cetak KTP tersebut, diduga Sekretaris Disdukcapil langsung melakukan pemblokiran terhadap nomor WhatsApp awak media ini.

Pasalnya, saat awak media ini kembali mengirimkan pesan sebagai ucapan terimakasih atas tanggapan dari Sekertaris Disdukcapil itu, pesan tersebut sudah tidak lagi terkirim, bahkan kontak Safriadi yang sebelumnya menggunakan foto profil sudah tidak lagi terlihat gambarnya.

Sehingga kuat dugaan, pemblokiran nomor WhatsApp awak media, disinyalir adanya indikasi bahwa oknum tersebut alergi terhadap Wartawan.

Dan dengan di blokirnya kontak WhatsApp awak media, sulit untuk mendapatkan informasi terkait pelayanan yang ada di Disdukcapil Rohil yang mana Safriadi selaku Sekretaris Disdukcapil sebagai pusat informasi yang dapat dipercaya di lingkungan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil selain Kepala Disdukcapil.

Hingga berita ini diterbitkan, belum diketahui pasti apa yang menjadi alasan dari Sekertaris Disdukcapil Rohil itu melakukan pemblokiran kontak WhatsApp Wartawan media ini.

Sebelumnya, terkait kerusakan alat cetak KTP yang terjadi di Kantor Disdukcapil Rohil, media ini telah melakukan konfirmasi terhadap Basaruddin, S.H., M.Si. selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hilir melalui melalui pesan WhatsApp.

"Memang peralatan server induk Kita yang lama rusak total dan sdhnkita ganti dengan yang baru, namun perlu memasukkan aplikasi sistemnya, kita SDH berusaha SDH beberapa hari ini namun belum berhasil, hari ini Rabu, kami bawa ke Pekanbaru ke teknisi Duk Capil prov untuk penginstalannya," jelas Basaruddin kepada media ini, Rabu (9/2/22) pukul 10.19 WIB.

Saat media ini meminta untuk melakukan konfirmasi dan wawancara secara tatap muka kepada Kadis Dukcapil, Basaruddin mengaku sedang berada di luar Kota dalam rangka urusan kedinasan. "Saya lagi dinas luar di pku, acara rakornas," jawabannya dengan singkat.

Ditanya sejak kapan alat cetak KTP tersebut mengalami kerusakan, Basaruddin mengatakan, "Alat rusak tanggal 2.2.2022, telah mendatangkan teknisi server dan server baru SDH hidup, kemudian memasukkan aplikasinya yg ada kendala blm bisa berhasil," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hilir itu. (Handoko/Js)

Editor : Red