Header Ads Widget

Primadona Raja Ampat Ada di Bawah dan di Atas Laut

Foto : Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam. (dok/ist)

Sorong, JejakSiber.com - Kabupaten Raja Ampat, pemekaran dari Kabupaten induk yakni Kabupaten Sorong saat ini sudah terkenal di luar negeri maupun di dalam negeri karena keindahan alamnya.

Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat yang dikenal sebagai surganya pariwisata dunia dan perkataan ini tidak hanya slogan utama dan sudah dibuktikan turis manca negara dan turis lokal yang sudah berkunjung ke Raja Ampat yang dijuluki Kabupaten Bahari yang terkenal dengan surga bawa laut dan ribuan pulau.

Untuk diketahui sejak Kepulauan Raja Ampat dimekarkan menjadi Kabupaten mandiri terlepas dari Kabupaten Sorong 15 tahun lalu, Kabupaten Raja Ampat dipimpin dua Bupati putra terbaik yaitu Bupati Marcus Wanma dan Bupati sekarang Abdul Faris Umlati.

Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam kepada awak media, Rabu (2/3/22) mengatakan, surganya pariwisata Raja Ampat ada dibawa laut dan di atas laut makanya laut adalah primadonanya Raja Ampat.

"Untuk panorma alam laut terkenal dengan bermacam macam terumbu karang yang indah berwarna warni yang indah," kata Orideko.

Sementara keindahan yang ada di atas laut panorama yang indah seperti puncak Wayag, puncak Piaynemo yang kalau sudah tiba di puncak berjalan di atas ribuan anak tangga maka kelihatan lah pulau pulau yang indah.

"Kemudian ada namanya telaga bintang, puncak love (telaga cinta) terdapat di pulau Misool, batu tulis, dan pasir timbul dan tempat yang lain," pungkasnya.

Lebih lanjut, kata Orideko bahwa Raja Ampat juga punya hutan tropis tempat tinggal flora dan fauna, termasuk hewan endemik seperti burung Cenderawasih merah dan Cenderawasih botak yang tidak ada ditempat lain, hanya di Pulau Waigeo Raja Ampat.

"Khusus untuk tempat pengamatan burung Cenderawasih berada di hutan Warksi Kampung Sapokren, Kampung Waifoi dan hutan Kampung Warimak Kabupaten Raja Ampat," tutup Wakil Bupati Raja Ampat itu.

Dikatakan wakil Bupati Raja Ampat memiliki budaya dan adat istiadat untuk menunjang pariwisata di Raja Ampat. (Jos)

Editor : Js