Header Ads Widget

Dipercaya Baca Teks Proklamasi Untuk Ketiga Kalinya, Begini Respon Jongky Fonataba

Foto : Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua Barat, Jongky R. Fonataba, S.E., M.M. (dok/ist/Jos)

Manokwari, JejakSiber.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-77 tahun di Provinsi Papua Barat, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua Barat, Jongky R. Fonataba, S.E., M.M. ditunjuk untuk membacakan Teks Proklamasi.

Upacara peringatan HUT RI ke-77 tahun untuk wilayah Provinsi Papua Barat dipimpin langsung oleh Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, M.Si. dan dilaksanakan di Stadion Sanggeng, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Rabu (17/8/22).

Dalam sambutannya, inspektur upacara mengajak masyarakat untuk maknai perjuangan para pahlawan terdahulu dengan terus bangkit dan kuat melewati pandemi sesuai tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat"

"Pada momen 17 Agustus 2022 ini, kita dipulihkan dan bangkit dengan semangat kebersamaan dalam memperjuangkan hidup," kata Paulus Waterpauw.

Disisi lain, Wakil Ketua DPRD Provinsi Papua Barat mengaku bangga karena mendapat kesempatan istimewa untuk membacakan Teks Proklamasi pada Upacara HUT RI ke-77 tahun ini.

"Kesempatan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya, membaca Teks Proklamasi pada Upacara Peringatan HUT RI di Provinsi Papua Barat, saya sudah sebanyak tiga kali, pertama pada tahun 2020, kemudian tahun 2021 dan pada HUT RI ke-77 ini, saya kembali dipercaya untuk melakukan hal yang sama," ujar Jongky kepada awak media ini saat dimintai tanggapan melalui WhatsApp pribadinya, Kamis (18/8/22).

Jongky menuturkan, bahwa pertama kalinya ia diminta langsung oleh Origenes Wonggor yang saat itu menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Papua Barat untuk membaca Teks Proklamasi di Upacara HUT RI ke-75 tepatnya tanggal 17 Agustus 2020 lalu dan kala itu bertindak sebagai inspektur upacara adalah Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan.

"Bagi saya tampil di depan orang banyak sudah terbiasa, karena sering diminta menjadi Master Of Ceremony pada iven-iven besar. Tetapi khusus membaca Teks Proklamasi di Upacara 17 Agustus adalah hal yang baru dan perlu berhati-hati kendati isi Teks Proklamasi telah saya hafal," tutur Wakil Ketua DPRD Provinsi Papua Barat itu.

Lebih lanjut Wakil Ketua DPRD Provinsi Papua Barat yang juga hari-hari sebagai Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat itu menjelaskan, membaca Teks Proklamasi bukan sekedar membaca.

"Akan tetapi yang terpenting adalah memperhatikan tanda baca, intonasi, modulasi dan ketenangan dalam membaca, sehingga mereka yang mendengarkan pun dapat merasakan dan menghayati isi teks tersebut," pungkasnya.

Tak heran, saat pembacaan Teks Proklamasi di HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022 kemarin mendapat banyak pujian dari beberapa Forkopinda Provinsi Papua Barat.

Hal itu terbukti dari tanggapan salah satu masyarakat, Oki nama akrab bagi pendengar RRI Sorong, mengakui bahwa Jongky memang memiliki pengalaman di bidang penyiaran dan sebagai reporter.

"Semua itu tidak terlepas dari pengalamannya (Jongky_red) yang pernah menjadi seorang Penyiar dan Reporter RRI Sorong, kemudian menjadi Host pada TV CWM Sorong dan tentu dikenal sebagai Master Of Ceremony.

Di akhir perbincangan Jongky dengan awak media ini, tak luput dirinya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Papua Barat dan seluruh lapisan masyarakat atas dukungan yang ia dapatkan.

"Saya bersyukur, Tuhan memberi talenta yang luar biasa bagi saya untuk disalurkan dengan baik," ucap Jongky mengakhiri percakapannya.

Upacara peringatan HUT RI ke-77 tingkat Provinsi Papua Barat itu turut dihadiri berbagai unsur dari Forkopimda Provinsi Papua Barat, yakni dari institusi TNI-Polri, Basarnas, PNS serta para pelajar. (Jos)

Editor : Js