Header Ads Widget

Pengibaran Bendera Bawah Laut Libatkan Personil Brimob, Briand Prang : 'Berbeda Warna, Tapi Satu Tujuan'

Foto : Pengibaran bendera merah putih di dasar laut perairan Pulau Labun (atas), Danyonif Marinir 10/SBY, Letkol Marinir Briand Prang (bawah kiri), personil penyelam dari Satbrimob Polda Kepri bersama Danyonif Marinir 10/SBY usai melaksanakan pengibaran bendera di dasar laut. (bawah kanan). (dok/Js)

Batam, JejakSiber.com - Pengibaran bendera merah putih di bawah laut dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) secara virtual.

Kegiatan tersebut turut dilaksanakan di Kota Batam dan dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanteri Marinir 10/Satria Bhumi Yudha, Letkol Marinir Briand Prang dan dilangsungkan di perairan Pulau Labun, Kecamatan Galang, Kota Batam, dengan kedalaman lebih kurang 12 meter, Rabu (17/8/22).

Pengibaran bendera dibawah laut tersebut melibatkan personil dari berbagai instansi maupun institusi, yakni personil Yonif Marinir 10/SBY, Lanal Batam, Lanud Hang Nadim Batam, Polairud Polda Kepri, Satbrimob Polda Kepri, Damkar, Bea Cukai Batam, Labun Diving, Komunitas Speak Fishing serta masyarakat setempat.

Foto : Danyonif Marinir 10/SBY, Letkol Marinir Briand Prang usai melaksanakan pengibaran bendera di dasar laut perairan Pulau Labun, Barelang. (dok/Js)

Danyonif Marinir 10/SBY selaku Inspektur Upacara mengucapkan terimakasih kepada seluruh personil yang terlibat dalam kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono untuk melaksanakan pengibaran bendera merah putih secara serentak di 77 titik Nusantara itu.

"Mari kita sama-sama menghormati segala apa yang telah diperjuangkan oleh pendahulu bangsa ini, yang membuat kita mampu bernafas lega hari ini, mampu berkarya lebih besar, memang ini inisiasi dari pimpinan Angkatan Laut, menunjukkan bukti nyata bahwa kita memiliki rasa cinta tanah air, dan menghargai kemerdekaan yang sudah di raih bangsa ini 77 tahun yang lalu," kata Briand Prang.

Briand Prang juga menyampaikan bahwa semua itu hanya bisa dikerjakan secara bersama-sama, dengan indahnya waktu yang dikerjakan pada kegiatan hari ini.

"Warnanya kita berbeda-beda, melaksanakan hal yang pasti kita sukai, disenangi, berbeda, tapi tujuannya sama, besar harapan pimpinan kita, apa yang kita kerjakan di wilayah Kepri, khususnya di Batam, di antara keberagaman itu kita mampu mengerjakannya bersama-sama menjadi bentuk menghargai kemerdekaan, meningkatkan nasionalisme, dan saya yakin, apa yang kita kerjakan akan menginspirasi banyak orang, terutama generasi muda di masa yang akan datang," ujar Danyonif Marinir 10/SBY.

Diakhir sambutannya, Danyonif Marinir 10/SBY berharap semoga kegiatan ini berjalan lancar, dan pimpinan Angkatan Laut serta pimpinan Angkatan Laut yang ada di Batam mengucapkan terimakasih banyak atas keterlibatan, partisipasi dan komitmen seluruh personil dari berbagai satuan.

Adapun yel-yel yang disampaikan yaitu, "NKRI - Harga Mati, Indonesia - Merdeka" dengan mengepalkan tangan di dada dan mengangkat kepalan tangan saat mengucapkan Merdeka yang diikuti oleh seluruh personil gabungan itu. (Js)

Editor : Red