Header Ads Widget

Setahun Berdiri, Pejuang Batak Bersatu Telah Terbentuk di Luar Negeri

Foto : Logo Ormas Pejuang Batak Bersatu. (dok/ist)

Batam, JejakSiber.com - Satu tahun berdiri, tepatnya pada tanggal 24 Febuari 2022 lalu, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Pejuang Batak Bersatu sudah terbentuk di 9 (sembilan) Wilayah, yang terdiri dari 8 (delapan) Provinsi di Indonesia dan 1 (satu) di luar negeri. Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum (Ketum) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pejuang Batak Bersatu kepada media ini, Jumat (7/4/23).

Adapun 9 Wilayah tersebut antara lain Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Banten, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulawesi Utara, dan untuk luar negeri yaitu di Jerman.

Ketum Pejuang Batak Bersatu, Dolok Martin Oprint Dewasa Siahaan, S.T. menuturkan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengembangan hingga terpenuhi seluruh wilayah Provinsi yang ada di Indonesia yang selanjutnya dapat dikembangkan di Daerah Kabupaten/Kota wilayah masing-masing hingga ke tingkat Kecamatan bahkan Kelurahan/Desa sesuai hirarki Organisasi.

"Kita lakukan terus pemantapan organisasi dan menciptakan program-program yang terstruktur dari DPP nantinya, sehingga program tersebut dapat berjalan hingga tingkat wilayah masing-masing dengan mencari orang-orang yang berpotensi dalam bidang ITE dan lain sebagainya, disamping itu kita juga selalu menjalankan kegiatan-kegiatan sosial kepada masyarakat," kata Martin Siahaan.

Martin Siahaan mengatakan bahwa selama satu tahun berjalan, Ormas Pejuang Batak Bersatu yang dinahkodai nya itu selalu mengedepankan rasa kekeluargaan demi berlangsungnya keharmonisan dalam menjalankan visi misi yang sebelumnya telah dikonsep secara bersama-sama.

"Sejauh ini kita tidak ada kendala dalam menjalankan roda organisasi ini, kami di ormas ini selalu membuat kekeluargaan paling utama, ya tentu yang namanya kekeluargaan, ribut-ribut kecil itu pasti ada lah, tapi itu semua untuk kebersamaan aja," pungkasnya kepada media ini melalui pesan WhatsApp pribadinya.

Martin Siahaan berharap Pejuang Batak Bersatu ini bisa menjadi sebuah wadah yang dapat merajut tali persaudaraan dan kekeluargaan Batak secara khusus serta suku lain diluar Batak secara umum, sehingga tercipta sebuah kekuatan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita juga masih ingin terus diberikan nasehat, namun kita hanya inginkan persatuan ini menjadi kekuatan bagi orang kita Batak, ketika kita bekerja secara tim dan kolaborasi, maka hal-hal indah yang kita harapkan pasti dapat dicapai di dalam organisasi," tutup Martin Siahaan.

Senada dengan Martin, Sekjen Pejuang Batak Bersatu, Happy Tua Malau, S.E., M.M. juga menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya sedang mempersiapkan Sumber Data Manusia (SDM) di internal anggota, kemudian mendorong program digitalisasi yang dapat men-support program kerja organisasi, serta melakukan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat bagi internal maupun di eksternal organisasi.

"Sejauh ini sih ya, kendala yang spesifik tidak begitu ada, hanya saja pada awal terbentuk, tentu perlu menyatukan persepsi, ide, dan gagasan, ya saya rasa sudah berjalan dengan baik lah," ujar Happy Tua Malau lewat pesan WhatsApp pribadinya.

Tua Malau juga berharap, agar melalui organisasi Pejuang Batak Bersatu ini, masyarakat secara khusus suku Batak dan pada umumnya warga Indonesia dimana pun berada dapat sama-sama belajar membangun SDM yang mampu mengikuti zaman yang terus berkembang. 

"Mari bergabung bersama di Pejuang Batak Bersatu, untuk menjadikan organisasi ini sebagai sarana untuk belajar, mengembangkan kualitas secara personal agar menjadi SDM bersuku Batak yang produktif, yang siap menyambut perkembangan zaman serta memelihara nilai-nilai keberagaman suku serta dapat berkolaborasi dengan masyarakat luas untuk sama-sama maju," tutup Happy Tua Malau mengakhiri.

Untuk diketahui, Pejuang Batak Bersatu merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang memiliki badan hukum yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) dengan SK Kemenkumham Nomor AHU-0004388.AH.01.07.Tahun 2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Pejuang Batak Bersatu yang ditetapkan di Jakarta tertanggal 10 Mei 2022 lalu. (Js)

Editor : Red