Header Ads Widget

Kebersihan Adalah Sebagian dari Iman, Aksi Goro di Lingkungan Gereja Syaloom Klademak

Foto : Para jemaat Syaloom Klademak saat melaksanakan aksi bersih-bersih di lingkungan Gereja. (dok/ist/Jos)

Sorong, JejakSiber.com - Kebersihan adalah sebagian dari iman. Peribahasa inilah yang diwujudnyatakan oleh warga jemaat GKI Syaloom Klademak Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya yang telah melakukan aksi bersih-bersih yang ditandai dengan kerja bakti atau gotong royong (goro).

Dari pantauan media ini, aksi bersih-bersih yang terlaksana pada Jumat (26/5/2023) di gedung gereja Syaloom Klademak dan lingkungan sekitarnya itu melibatkan ratusan warga jemaat dari rayon 1 s/d rayon 5 tanpa melihat usia.

Tidak hanya warga jemaat yang melakukan kerja bakti, bahkan Ketua Jemaat Syaloom Klademak, Pdt. Elsye Maniagasi Putirulan, S.Th. juga ikut bergabung dengan jemaat dalam aksi bersih-bersih tersebut.

Usai perayaan ibadah tutup usbuh, didepan para pelayan gereja majelis dan syamas, Ketua Jemaat Syaloom Klademak mengatakan bahwa gedung gereja, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekitar harus bersih dari pandangan warga jemaat maupun dari jemaat lain yang datang untuk beribadah di Gereja Syaloom Klademak itu.

"Kebersihan gereja tidak dilihat dari bersih dari rerumputan, tetapi harus bersih di bagian luar gedung dan bagian dalam gedung gereja," kata Pendeta Elsye.

"Saya minta bagi jemaat yang suka makan pinang, dilarang keras dan tidak boleh makan pinang di lingkungan gereja, dan membuang ludah pinang," tegas Ketua Jemaat Syaloom Klademak itu.

Larangan untuk tidak memakan pinang dan membuang air ludah pinang, pada kesempatan pertemuan itu juga Pdt. Elsye memerintahkan karyawan gereja agar membuat pengumuman melalui tulisan, dilarang makan pinang apalagi meludah disembarangan tempat.

Dari pantauan media ini, Pdt. Elsye yang baru menjabat sebagai Ketua Jemaat Syaloom Klademak itu juga memeriksa saluran air bersih untuk kepentingan sehari-hari.

Jemaat yang melakukan kerja bakti, baik yang tua dan muda tampak diwarnai tawa dan canda sembari melakukan aksi bersih-bersih. (Jos)

Editor : Js