Header Ads Widget

Tanggapi Keluhan Masyarakat Terkait Jaringan Internet Telkomsel Lemah, Diskominfotiks Rohil Tinjau Lokasi

Foto : Tower Telkomsel di Balam Km.37 (kiri), saat tim survey dari Diskominfotiks Rohil melakukan pengecekan jaringan internet Telkomsel lang di lokasi yang disampaikan masyarakat (kanan atas), saat tim survey dari Diskominfotiks Rohil meninjau titik koordinat tower (kanan tengah dan bawah). (dok/Js)

Rohil, JejakSiber.com - Menanggapi keluhan masyarakat terkait lemahnya jaringan internet Telkomsel di daerah Balam, Indra Gunawan, S.E. selaku Plt. Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfotiks) Kabupaten Rohil mengutus tim untuk melakukan survey langsung ke lokasi sesuai titik koordinat yang diperoleh dari masyarakat.

Sebelumnya, telah diberitakan "Warga Keluhkan Kwalitas Jaringan Internet Telkomsel, Simak Respon Kadis Kominfotiks Rohil" https://www.jejaksiber.com/2022/04/warga-keluhkan-kwalitas-jaringan.html

Berdasarkan hasil survey di lapangan, Dinas Kominfotiks Rohil membenarkan bahwa jaringan internet Telkomsel di daerah Balam, tepatnya di Jalan Lokasi Udang, Balam Km.36, Simpang Tiga, Balam Jaya, Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir sangat lemah, bahkan tidak dapat terhubung ke Internet dengan menggunakan paket internet melalui jaringan Telkomsel.

"Betul-betul parah ini, smartphone kita total tidak ada jaringan internet di daerah ini, begitu masuk lokasi ini tadi, langsung tidak dapat tersambung ke internet, padahal di simpang sana tadi masih stabil," kata Heru salah satu staff dari Dinas Kominfotiks Rohil yang ikut turun ke lapangan, Rabu (27/4/22).

Selanjutnya, tim dari Dinas Kominfotiks Rohil yang terdiri dari 5 orang itu langsung meninjau lokasi tower Telkomsel terdekat, tepatnya di Simpang Kayangan, Balam Km.37, Desa Balai Jaya, Kecamatan Balai Jaya, guna memastikan apakah tower tersebut masih aktif atau tidak? dan menghitung estimasi jarak tower dari lokasi yang tidak dapat tersambung internet.

Di lokasi, terlihat 2 (dua) unit tower besar berdiri berdampingan, dari pengakuan masyarakat setempat yang bertempat tinggal di sekeliling tower mengatakan bahwa tower tersebut milik PT.Telkomsel dan Indosat, "Kalau ini tower Telkomsel, bagian servisnya sering kemari, tadi baru dari sini," kata Butarbutar saat ditemui awak media ini di lokasi tower Telkomsel.

Dari hasil survey tersebut, Kadis Kominfotiks Rohil mengatakan bahwa sebagai salah satu langkah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era digitalisasi ini, pihaknya akan mengajukan penambahan tower kepada Telkomsel.

"Soalnya itu diluar jangkauan area, kalau 5KM jaraknya, artinya mau bagaimana pun, kalau ditambah kapasitas perangkat towernya tidak akan bisa, sehingga harus tower yang ditambah, karena memang bukan covered area mereka, diluar jangkauan dia, nanti kami yang usulkan penambahan tower disana," kata Indra Gunawan kepada media ini, Rabu (27/4/22) malam melalui pesan WhatsApp pribadinya.

Sementara, hingga berita kedua ini diterbitkan, pihak Telkomsel belum dapat dikonfirmasi guna meminta tanggapan terkait keluhan masyarakat tersebut. (Ra)

Editor : Js